HTML Image as link Qries

Rakernas Golkar, Airlangga Tetap Opsi Capres

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto

radarcom.id – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Golkar akan digelar pada 4 Juni 2023. Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menegaskan pihaknya tidak akan menyinggung perubahan hasil Musyawarah Nasional (Munas) perihal pencapresan Ketua Umum Airlangga Hartarto.

“Jadi kami tidak akan membicarakan keputusan yang telah diputuskan oleh Munas dan Rapimnas,” ucapnya saat ditemui di Kantor DPP Golkar, Minggu, 28 Mei 2023.

banner 300600

Pernyataan Doli itu menyikapi pertanyaan soal kemungkinan pergantian kandidat capres yang diusung Golkar menghadapi kontestasi Pilpres 2024. Menurut Doli nama Airlangga tetap jadi opsi mengisi posisi capres Golkar. “Calon presiden dari partai Golkar masih Pak Airlangga Hartarto,” katanya.

Doli mengatakan bahwa keputusan Munas sebuah keputusan sendiri. Menurut dia, dalam munas itu hanya ada dua pasal. Yang pertama, kata dia, Partai Golkar akan menerima aspirasi untuk ikut kontestasi Pilpres sebagai capres dan atau cawapres pada Pemilu 2024.

Kemudian kedua kata Doli, adalah untuk menentukan keputusan baik itu soal praktek capres dan cawapres, strategi dan momentum diserahkan kepada ketua DPP terpilih.

Kemudian kata Doli, pada 2021 barulah Airlangga Hartarto menjadi Ketum DPP Golkar. Pada tahun tersebutlah, Airlangga yang memimpin pelaksaan Rakernas dan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas).

“Dalam ADRT kami rapimnas itu adalah putusan tinggi kedua setelah musyawarah nasional. Dan dalam rapimnas itu diputuskan bahwa partai Golkar di pilpres mengusung Pak Airlangga Hartarto sebagai calon presiden,” ujarnya.

Sehingga kata Doli, Golkar menegaskan bahwa menghadapi pilpres 2024 mendatang, sikapnya masih sama mengusung Airlangga sebagai capresnya Golkar. “Kami masih berpegang teguh kepada keputusan Munas dan keputusan Rapimnas,” ujar dia dilansir dari Tempo.co.

Saat ini Golkar bergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu bersama PPP dan PAN. Namun PPP telah mengumumkan secara resmi untuk mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Ganjar sebelumnya telah diusung oleh PDIP.

Adapun Airlangga Hartarto telah menjalin komunikasi dengan Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB. Bahkan kedua partai telah membentuk tim untuk menggulirkan koalisi besar. Sebelumnya ide koalisi besar ini dilontarkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat silaturahmi dengan partai-partai koalisi pemerintahan.

Rakernas untuk Pemantapan Golkar di Pemilu

Berkenaan dengan program kata Doli, Rakernas kali ini difokuskan pada pembicaraan pemantapan persiapan pemilu Partai Golkar.

“Nanti yang akan dibahas dan dirumuskan adalah tentang pemantapan semua proses konsolidasi persiapan pemilu tahun 2024,” ucapnya.

Doli menyampaikan, persiapan pemilunya berkenaan dengan pileg, pilpres dan pilkada. Untuk pileg kata Doli, Golkar sudah melaksanakan konsolidasi sejak 2 tahun terakhir ini.

“Kami sudah mulai sejak 2 tahun yang lalu melakukan proses rekrutmen, kemudian menginventarisir ada sekitar 200 persen, dua kali dari jumlah kursi per setiap dapil, dan kemudian ada proses seleksi sampai 150 persen,” ucapnya. (rci/rci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *