Berita Utama Gajah Krakatau UBL Wakili Lampung pada Perlombaan Rancang Bendungan Nasional

Gajah Krakatau UBL Wakili Lampung pada Perlombaan Rancang Bendungan Nasional

Tim Mahasiswa Teknik Sipil UBL “Gajah Krakatau” mempersiapkan diri pada Final Lomba Rancang Bangunan Nasional (LRBN) 2019. Foto Istimewa

radarcom.id — Tim Gajah Krakatau yang terdiri dari Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Sipil Universitas Bandar Lampung (UBL) berhasil menjadi sebagai satu-satunya peserta dari Perguruan Tinggi di Provinsi Lampung yang dinyatakan lolos sebagai Finalis Lomba Rancang Bendungan Nasional.

Melalui akun instagram resmi @civilzone_unram, Tim UBL dinyatakan lolos menjadi 10 Top Finalis Lomba Rancang Bendungan Nasional (LRBN) ke IV 2019 yang di laksanakan di Universitas Mataram. Tim Gajah Kratau ini terdiri dari Lima mahasiswa UBL, yaitu Ali Ansyorul haq, Agus Triyono, dan Diki Maulana.

Dr. Any Nurhasanah, S.T., M.T., sebagai dosen pembimbing tim ini memberikan keterangan bahwa ada beberapa tahap lagi yang perlu dilewati sampai pada pengumuman pemenang lomba. Alhamdullilah, tim kami bisa lolos sampai tahap ini, mengingat ini adalah baru pertama kalinya tim kami ikut berpartisipasi dalam lomba tersebut dan langsung lolos sebagai 10 Top Finalis dan satu-satunya perwakilan perguruan tinggi dari Provinsi Lampung.

BACA  DR. Hermawan, M.Hum: Kesalahan Guru Bahasa Indonesia Banyak yang Kaku

“Salah satu tahapan untuk melewati tahap penyisihan, peserta harus merancang dan mendesain bendungan sesuai dengan ketentuan yang diberikan panitia, salah satunya tahan terhadap gempa. Namun, masih ada tahap presentasi sampai pada pengumuman pemenang, kami mengharapkan doa dan dukungan teman-teman semua semoga Tim UBL bisa membawa pulang gelar juara,” kata Any saat dihubungi via whatsapp, Senin (1/10/2019).

BACA  Belasan Paket Sabu Disita Polisi

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari acara Civil Zone dalam memperingati Hari Ulang Tahun Prodi Teknik Sipil FT-UNRAM yang ke-26, dan berlangsung dari tanggal 17 Juni 2019 sebagai tahap pendaftaran gelombang 1 dan sampai dengan pengumuman juara tanggal 24 Oktober mendatang.

Any mengatakan lawan di Final nanti berasal Universitas yang bergengsi di seluruh Indonesia seperti ITS, UGM, Universitas Brawijaya dimana hal ini menjadi tantangan yang besar untuk kami. Pada tahap presentasi nanti, kami harus menyiapkan maket bendungan yang kami desain dengan ukuran 100 cm x 100 cm. Kemudian menganalisis lebih detail beberapa data untuk di presentasikan.

Menanggapi hal ini Rektor UBL, Prof. Dr. Ir. M. Yusuf Sulfarano Barusman, MBA mengatakan selamat atas pencapaian mereka dan berpesan untuk terus optimis. Selamat kepada tim mahasiswa Teknik Sipil UBL ‘Gajah Krakatau’. “Terus semangat dan optimis untuk meraih prestasi, semoga ini menjadi motivasi bagi mahasiswa lain untuk terus bersinergi dan meraih prestasi gemilang lainnya,” ungkap Yusuf.

BACA  Bersama Tim Relawan, Andi Surya Kembalikan Berkas Pendaftaran Partai Golkar Metro

Selain Dr. Any Nurhasanah, S.T., M.T., pembimbing dari Kelompok Bidang Ilmu Sumber Daya Air, terdapat beberapa pembimbing lain yang terlibat yaitu Aprizal, ST., MT dan Susilowati, ST., MT dari Bidang Hidrologi serta  Ilyas Sadad, ST., MT Bidang Kapasitas Bendungan dan dosen struktur yang membantu untuk konstruksi. (rls/rci)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini