303 Siswa Kelas 9, SMPN 2 Bandarlampung Ikuti Asesmen Bakat dan Minat

radarcom.id – Sebanyak 303 siswa kelas 9 SMPN 2 Bandar Lampung mengikuti Asesmen Bakat dan Minat (ABM) yang diinisiasi oleh Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik) Kemendikbudristek untuk satuan pendidikan di seluruh Indonesia.

Kegiatan ABM dilakukan selama 10 hari mulai hari pada 19 Fabruari hingga 1 Maret 2023,” ujar Abdul Khanif, M.Pd, Kepala SMPN 2 Bandarlampung kami lakukan setiap hari per kelas mulai pukul 08.00-11.30 Wib.

banner 300600

Dia juga menambahkan, ABM merupakan asesmen yang mengukur potensi siswa yang dirancang untuk memprediksikan kemampuan siswa pada bidang-bidang khusus dan minat siswa.

“ABM bertujuan memberikan informasi mengenai potensi siswa pada bidang-bidang khusus berdasarkan aspek yang diukur dan kesesuaian dengan minatnya,” ujar Abdul Khanif, Senin, 19 Februari 2024.

Aspek yang diukur, kata dia, terdiri dari kemampuan verbal, kuantitatif, penalaran, mekanik, klerikal, spasial, melanik, penggunaan bahasa, serta asesmen minat.

“Yang perlu disiapkan sekolah, antara lain menyiapkan sumber daya terkait dengan pelaksanaan ABM, mendaftar dan mengakses laman ABM, melaksanakan dengan tanggung jawab dan berintegritas, mencetak laporan hasil ABM, menetapkan kepanitian,” tutur dia.

Ia mengaku, ABM dilaksanakan pihaknya berlangsung dengan lancar dan penuh antusias siswa.

“Semoga kegiatan ABM di SMPN 2 ini memberikan manfaat sebagai bentuk upaya pemetaan bakat dan minat siswa untuk melangkah ke jenjang selanjutnya,” kata dia. (rls/Iis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *