Deputi Kebijakan Publik Himpuni Ibnu Hasan Tegaskan Pj Gubernur Lampung Dr. Samsudin Sosok PNS Karir Sekaligus Aktivis Berintegritas  

radarcom.id – Provinsi Lampung resmi dipimpin Penjabat Gubernur Lampung Dr. Drs. Samsudin S.H., M.H., M.Pd, yang dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Sasana Bhakti Praja Gedung C Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Rabu Pagi (18/6/2024). Ternyata, selain berlatarbelakang pendidik, Samsudin ternyata sosok aktivis yang berintegritas.

Hal itu terungkap saat media ini mewawancarai salah satu teman seperjuangan Dr Samsudin saat berkarir di Jakarta, Ibnu Hasan. Sosok Samsudin sendiri hijrah ke Jakarta medio 2005 silam untuk mengabdi berkarir di Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) RI yang sebelumnya kosong, dibubarkan Presiden Gusdur, dibentuk kembali di zaman Presiden SBY.

banner 300600

Ibnu Hasan yang kini menjabat Deputi Kebijakan Publik himpunan Alumni 51 Perguruan Tinggi Negeri se Indonesia (Himpuni) yang beranggotakan 51 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se Indonesia itu mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan Pj Gubernur Lampung Samsudin.

Mendagri Tito karnavian melantik Pj Gubernur Lampung Samsudin di Jakarta, Rabu (19/6/2024). Foto Ist

“Tentu sebagai Deputi Kebijakan Publik Himpuni yang menaungi 51 PTN se-Indonesia bangga dengan beliau dan cukup senang lantaran alumni terbaik Universitas Lampung sebagai anggota Himpuni yakni Pak Samsudin mendapatkan amanah sebagai Pj Gubernur Lampung,” kata Ibnu Hasan, Rabu (19/6/2024).

Diteruskan Ibnu Hasan yang juga berkarir di Kemenpora, dia yakin Samsudin mampu menjalankan tugas sebagai Pj Gubernur Lampung. Mengingat Samsudin merupakan sosok yang memiliki integritas dan kapabilitas, serta rendah hati.

“Insya Allah beliau mampu mengemban amanah Pj Gubernur Lampung. Perjalanan karirnya di bidang kepemudaan dan keolahragaan sejak 2005 kemudian mengantarkan ke peran yang luas ke masyarakat Lampung dan Indonesia. Semoga bisa menciptakan suasana kondusif di masyarakat Lampung juga saat Pilkada 2024. Jiwa aktivisnya jangan hilang. Terjun ke masyarakat, menyimak dan menyerap aspirasi. Saya berharap beliau sebagai mantan Sekjen Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) lebih peka ke masyarakat, tetap rendah hati, tetap menyapa, tetap berkenan kongkow-kongkow dengan para sahabat diluar tugas kedinasan. Beliau juga sosok birokrat yang tidak resisten, memiliki jiwa kepemimpinan, punya latar belakang akademisi dan praktisi juga melek hukum. Sebagai teman seperjuangan saya berpesan agar berhati-hati mengelola institusi harus clean and clear,” tuturnya.

Untuk Diketahui, Samsudin secara resmi dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Sasana Bhakti Praja Gedung C Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Rabu Pagi (18/6/2024). Pelantikan tersebut sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Presiden Republik Indonesia Nomor 69/P Tahun 2024 tertanggal 14 Juni 2024 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur Lampung.

Samsudin kelahiran Subang, 15 Juni 1967 ini dalam menempuh pendidikan formalnya di Universitas Lampung, menyelesaikan Sarjana Jurusan Pendidikan Kimia tahun 1992, dan berlanjut Magister Pendidikan Universitas Lampung tahun 2006, sehingga sangat memahami kehidupan dan karakter budaya di Propinsi Lampung.

Tokoh yang terkenal supel dalam bergaul ini, dalam menempuh pendidikan tidak hanya berhenti S2 saja, namun melanjutkan pendidikan Doktor Manajemen Pendidikan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Pengalaman dalam jabatan struktural tidak diragukan lagi, bermula dari
Kabid Bimbingan Teknis pada Asdep Kaderisasi Kepemimpinan Pemuda (2005-2008),
Kabid Pengembangan pada Asdep Kaderisasi Kepemimpinan Pemuda (2008-2011),
Kabid Pengembangan Penghargaan Kepemudaan (2011-2013),
Kabag Evaluasi dan Pelaporan (2013-2015),
Kabag Hubungan Masyarakat (2015),
Kabag Program dan Anggaran (2015-2016),
Asisten Deputi Standardisasi dan Infrastuktur Olahraga (2016-2019),
Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi ( 2016-2018),
Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi (2016),
Asisten Deputi Standardisasi dan Infrastruktur Olahraga (2016),
Sekretaris Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga (2018),
Staf Ahli Bidang Hukum di Kemenpora (2018-Sekarang).

(radar/rci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *