HTML Image as link Qries

Bayi Badak Sumatra yang Langka Lahir di Taman Nasional Way Kambas

Ini adalah bayi badak kelima yang lahir melalui program pembiakan semi liar di Suaka Rhino Sumatra Taman Nasional Way Kambas. Foto KLHK

radarcom.id – Seekor bayi badak Sumatra telah lahir di Indonesia, menandai kelahiran baru yang langka bagi hewan yang sangat terancam punah dan diyakini hanya menyisakan beberapa puluh ekor di dunia.

Lembaga World Wide Fund for Nature (WWF) dan International Union for Conservation of Nature (IUCN) memperkirakan populasi badak Sumatra berjumlah kurang dari 80 ekor di Sumatra dan Kalimantan.

banner 300600

Bayi badak (Dicerorchus sumatrensis) berjenis kelamin jantan dengan berat 25 kg ini lahir dari induk bernama Delilah di Suaka Rhino Sumatra Taman Nasional Way Kambas pada Sabtu (25/11). Ayah dari anak badak ini bernama Harapan.

Ini adalah bayi badak kelima yang lahir melalui program pembiakan semi liar di taman nasional tersebut, kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya Bakar.

“Kelahiran ini merupakan kelahiran badak Sumatra yang kedua kalinya pada tahun 2023. Hal ini semakin memperkuat komitmen pemerintah terhadap konservasi badak di Indonesia,” ujar Siti Nurbaya Bakar, dalam pernyataan tertulis.

Lima ekor badak Sumatra yang lahir melalui program pembiakan ini adalah Andatu (2012), Delilah (2016), Sedah Mirah (2022), anak ketiga Ratu-Andalas (30 September 2023), dan anak dari Delilah-Harapan (25 November 2023).

Andatu merupakan badak Sumatra pertama yang dilahirkan di cagar alam Indonesia selama lebih dari 120 tahun.

Adapun Delilah merupakan badak yang lahir dari kelahiran kedua perkawinan badak bernama Ratu dan Andalas pada 2016. (rci/rci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *