HTML Image as link Qries

Pangeran Edward Syah Pernong: Rumus O2H Bagi Polisi Harus Dilengkapi dengan Nyali!

PYM SPDB Brigjen Pol (Purn) Drs. Pangeran Edward Syah Pernong, SH, MH.

radarcom.id – Seorang guru besar Hukum Kepolisian yang juga pakar Sosiologi Hukum dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Prof. Dr. Satjipto Rahardjo pernah menyampaikan dalam beberapa simposium dan seminar tentang hukum progresif bahwa seorang polisi itu dalam menjalankan profesinya harus punya kapasitas Otak, Otot dan Hati Nurani atau kemudian dikenal dengan rumus O2H. Namun, salah satu polisi jenderal bintang satu dari tanah Lampung menyatakan Rumus O2H masih harus dilengkapi dengan satu hal yakni Nyali.

Sosok purnawirawan jenderal polisi bintang satu tersebut adalah Paduka Yang Mulia (PYM) Sai Batin Puniakan Dalom Beliau (SPDB) Brigjen Pol (Purn) Drs. Edward Syah Pernong, S.H., M.H.

banner 300600

“Apa yang disampaikan seorang guru besar Hukum Kepolisian yang juga pakar Sosiologi Hukum dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Prof. Dr. Satjipto Rahardjo dalam beberapa simposium dan seminar tentang hukum progresif bahwa seorang polisi itu dalam menjalankan profesinya harus punya kapasitas Otak, Otot dan Hati nurani ini memang benar. Tapi tidak cukup hanya itu, karena de facto, implementasinya hanya bisa dilaksanakan kalau sosok itu memang PUNYA NYALI.. Kalau tidak punya nyali, maka semua hanya akan berputar di sekitar wacana dan retorika teoritis,” tegas Pun Edward–sapaan akrab mantan Kapolda Lampung itu saat berbincang dengan RADAR.

Dilanjutkan Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan Ke-23 Kepaksian Pernong Lampung ini, polisi menghadapi berbagai tantangan dan kendala di lapangan yang fluktuatif.

Tapi tidak cukup hanya itu, karena de facto, implementasinya hanya bisa dilaksanakan kalau sosok itu memang PUNYA NYALI.. Kalau tidak punya nyali, maka semua hanya akan berputar di sekitar wacana dan retorika teoritis

Pangeran Edward Syah Pernong saat menjalani pendidikan di sekolah Perwira Polri di Sukabumi, tahun 1984. Foto Dok Istimewa
Pangeran Edward Syah Pernong dikenal moncer dalam karirnya di bidang Reserse yang banyak sekali tantangan. Foto Dok Kata Rosim
Pangeran Edward Syah Pernong saat menjabat Kapolda Lampung. Foto-foto Dok Rosim Nyerupa

“Setiap saat seorang polisi berhadapan ddengan fluktuasi disetiap situasi karena disetiap situasi ada atmosfir yang berbeda-beda dalam tantangan dan kendala lapangan. Hanya polisi yang bernyali yang turun tangan dan membidani setiap situasi agar tidak bias, memanas dan dapat direduksi serta dicarikan solusi yang baik dan selesai. Baik secara normatif maupun substantif dan punya nilai utility atas keputusan seketika di lapangan yang mewarnai langkah diskresi seorang polisi. Diskresi dilaksanakan oleh polisi yang bijak dan bernyali,” tegasnya. (rci/rci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *