Van Dijk Disanksi Larangan Bermain dan Denda Usai Memaki Wasit  

Virgil van Dijk dijatuhi hukuman larangan bertanding oleh FA (Foto: Action Images via Reuters/LEE SMITH)

radarcom.id – Virgil van Dijk dijatuhi sanksi larangan bermain denda akibat memaki wasit. Hal itu dilakukannya usai dapat kartu merah saat melawan Newcastle United.

Van Dijk menerima kartu merah saat Liverpool mengalahkan Newcastle United 2-1 pada laga lanjutan Liga Inggris di St James’ Park, Minggu (27/8/2023). Van Dijk diusir wasit, John Brooks, pada menit ke-28 usai melanggar Alexander Isak di depan kotak penalti Si Merah.

banner 300600

Van Dijk dinilai wasit sebagai pemain terakhir di pertahanan Liverpool saat melanggar Isak. Maka dari itu, wasit langsung mencabut kartu merah.

Usai mendapatkan kartu merah, Van Dijk sempat memaki wasit. Ia juga berdebat dengan ofisial keempat saat menuju ke ruang ganti pasca diusir dari lapangan.

FA melakukan penyelidikan terkait tindakan tak terpuji yang dilakukan Van Dijk kepada Brooks. Van Dijk kemudian mengakui bahwa dirinya mengeluarkan kata-kata tak pantas ke wasit.

FA kini menjatuhkan sanksi kepada Van Dijk akibat hal tersebut. Ia dijatuhi hukuman larangan bertanding satu laga serta denda senilai 100 ribu paun atau setara dengan 1,9 miliar rupiah.

Van Dijk sebelumnya telah absen dalam laga Liverpool akhir pekan lalu saat menang 3-0 atas Aston Villa. Ia tak boleh bermain karena sanksi larangan bertanding akibat kartu merah langsung melawan Newcastle.

Sanksi larangan bertanding Van Dijk bertambah satu laga lagi. Ia dipastikan tak bermain saat Liverpool menghadapi Wolverhampton Wanderers selepas jeda internasional.

“Virgil van Dijk telah diskors satu pertandingan dan didenda 100.000 paun karena melanggar Peraturan FA E3.1 selama pertandingan Premier League Liverpool melawan Newcastle United pada hari Minggu 27 Agustus,” bunyi pernyataan FA.

“Sang bek mengakui bahwa dia bertindak dengan cara yang tidak pantas usai menggunakan kata-kata kasar dan menghina terhadap ofisial pertandingan setelah dikeluarkan dari lapangan pada menit ke-29, dan sanksi kemudian dijatuhkan oleh Komisi Regulasi independen,” lanjut pernyataan tersebut dikutip detiksport. (rci/rci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *