Pernah Rivalitas di Pilgub, Herman HN-Nunik Kini Satu Koalisi, NasDem Lampung Beber Sejumlah Harmonisasi

Ketua DPW NasDem Lampung Herman HN, bersama sejumlah pengurus DPW NasDemLampung. Foto istimewa

radarcom.id – Perubahan peta politik terjadi sejak dideklarasikan pasangan bakal capres dan cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), tak terkecuali peta politik di Lampung. Diketahui, koalisi NasDem-PKB dan PKS yang mengusung pasangan AMIN ini setidaknya juga menyatukan tiga parpol ini yang pernah berbeda dukungan calon di Pilgub Lampung 2018.

Diketahui, dulu saat pilgub 2018, Ketua DPW NasDem Lampung Herman HN pernah menjadi rival Ketua DPW PKB Lampung Chusnunia alias Nunik yang berpasangan dengan Arinal Djunaidi.

banner 300600

Saat itu, Herman HN berpasangan dengan Sekretaris DPD PDIP Lampung saat ini, Sutono. Namun, pasangan ini tumbang oleh pasangan Arinal-Nunik yang memiliki Jargon “Lampung Berjaya”.

Begitu pula PKS yang beda calon dengan mengusung Mustafa-Ahmad Jajuli. Namun, kini tiga parpol disatukan di pilpres 2024 mengusung Anies-Muhaimin.

Wakil Ketua DPW NasDem Lampung bidang Media, Rakhmat Husein DC, mengatakan hubungan NasDem dengan seluruh parpol di Lampung selama ini cukup baik dan nggak ada masalah. Terkait pernah ada rivalitas di Pilgub, Rakhmat Husein menegaskan bahwa hal itu sudah selesai ketika Arinal-Nunik resmi dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung.

“Soal rivalitas di pilgub 2018 hanya terjadi pada saat proses kampanye hingga pencoblosan selesai. Setelah dilantik kita menghormati, nggak hanya ke Mbak Nunik, tapi juga ke Pak Arinal sebagi Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung,” kata Husein saat dimintai komentarnya oleh RADAR, Selasa (5/9/2023).

Bahkan, Husein membeberkan sejumlah harmonisasi antara Herman HN dan Nunik. Diantaranya, Herman HN hadir dalam kegiatan Arinal dan Nunik termasuk di Mahan Agung.

“Pada saat pelantikan Gubernur dan Wagub pak Herman HN datang saat itu, acara di mahan Agung Pak Herman HN datang juga, sebagai bentuk konsistensi beliau dalam menghormati keputusan-keputusan yang sudah menjadi keputusan resmi. Bahkan juga bagi kami Partai NasDem atau Mbak Nunik kami sama-sama punya ingatan khusus dimana saat pelantikan pengurus NasDem Lampung Ibu Nunik juga hadir kemudian berpidato saat pelantikan DPW NasDem Lampung di Novotel dan saat itu di hadapan ketum dan petinggi DPP Partai NasDem. Artinya sejauh ini hubungan Partai NasDem dengan partai-partai di Lampung cukup baik baik secara personal maupun organisasi. Jadi nggak ada masalah apapun dalam pemenangan pilpres 2024 ini,” terang Husein.

Koalisi Segera Duduk Bersama

Selanjutnya, setelah deklarasi pasangan AMIN, lanjut dia, partai koalisi di Lampung segera bertemu dan duduk bersama.

“Insya Allah secepatnya kita akan bertemu dengan partai koalisi sama-sama sepakat memenangakan Anies dan Cak Imin. Yakni NasDem, PKS dan PKB. Dalam waktu dekat kita akan lakukan pertemuan, karena memang di internal NasDem sedang mensosialisasikan hasil Deklarasi Anies – Cak Imin dan sudah kami sampaikan ke internal. Dan sudah ada instruksi untuk segera komunikasi antara partai di semua tingkatan. Dan tidak susah juga melakukan pertemuan partai koalisi, sebab PKS, PKB dan NasDem ketua wilyahnya sejauh ini berhubungan cukup baik,” pungkasnya. (rci/rci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *