6 Cara Turunkan Kolesterol Setelah Makan Daging Kurban, Imbangi dengan Sayur

radarcom.id – Menyantap hidangan daging sapi maupun kambing saat Idul Adha memang nikmat. Namun perlu diingat, daging mengandung lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sedangkan kadar kolesterol yang tinggi bisa mengundang banyak penyakit.

Biasanya daging sapi atau daging kambing yang didapatkan dari paket kurban Idul Adha diolah menjadi hidangan lezat yang dibakar ataupun berkuah bersantan. Seperti sate, rendang, gulai, hingga tongseng.

banner 300600

Olahan daging yang dibakar dan bersantan ini jika terlalu banyak dikonsumsi bisa menyebabkan kadar kolesterol darah naik. Untuk menurunkannya, anda bisa mengikuti tips makan sehat saat Idul Adha. Seperti mengonsumsi olahan daging dalam porsi kecil hingga mengimbanginya dengan makan sayuran.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh setelah mengonsumsi daging kurban yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/7/2022).

Ciri-ciri kolesterol naik dilansir dari liputan6.com:

1. Gangguan Pencernaan

Salah satu ciri-ciri kolesterol naik dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan ini berkaitan dengan ketidakseimbangan empedu yang jika dibiarkan akan menyebabkan batu empedu.

2. Nyeri Sekitar Dada dan Lengan

Ciri-ciri kolesterol naik adalah nyeri di dada dan lengan. Kadar kolesterol yang tinggi menyebabkan nyeri dalam dada dan lengan. Nyeri akan lebih terasa jika penderita juga merasa tertekan atau stres yang berlebihan.

3. Sakit Kepala atau Pusing

Gejala yang pada umumnya muncul sebagai ciri-ciri kolesterol naik adalah rasa sakit di kepala bagian belakang. Sakit kepala ini sangat mengganggu dan sangat terasa berat hingga cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Sakit kepala ini akan membaik setelah kadar kolesterol berkurang.

4. Mudah Lelah

Kolesterol yang tinggi juga bercirikan tubuh yang mudah merasa lelah. Rasa cepat lelah ini muncul karena adanya pembuluh darah akibat kadar kolesterol tinggi sehingga membuat aliran darah ke jaringan tubuh berkurang.

5. Nyeri di Kaki

Nyeri kaki juga diketahuanni sebagai salah satu ciri-ciri kolesterol naik. Nyeri kaki ini muncul karena adanya penumpukan plak pada pembuluh darah di kaki. Ciri-ciri kolesterol naik ini kerap dialami oleh penderita.

6. Bercak Kuning di Bawah Kelopak Mata

Ciri-ciri kolesterol naik yang sangat terlihat adalah xanthelasma. Xanthelasma adalah bercak-bercak kuning di bawah kelopak mata. Terkadang warna kekuningan juga muncul di ujung mata.

7. Tengkuk Pegal

Ciri-ciri kolesterol naik salah satunya, yakni tengkuk pegal. Tengkuk yang pegal ini terjadi karena adanya penumpukan plak di pembuluh darah pada area leher. Penumpukan ini dapat menyebabkan terhalangnya aliran darah yang ada di leher menuju otak. (rci/rci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *