HTML Image as link Qries

4 Tanda Kolesterol Tinggi yang Bisa Terlihat di Wajah

Foto: Lincoln Urgent Care

radarcom.id – Kolesterol tinggi yang menumpuk dalam darah, terkadang hadir tanpa tanda. Ketika sudah berkembang jadi lebih parah, stadium lanjut barulah beberapa gejala mulai terlihat jelas.

Pada sebagian kasus, kadar kolesterol tinggi dalam darah menunjukkan tanda tertentu bagian tubuh, salah satunya pada wajah. Lalu apa saja tanda kolesterol tinggi yang bisa terlihat di wajah? Melansir Times of India, Selasa (18/4/2023) berikut paparan singkatnya seperti dilansir dari Okezone.com.

banner 300600

1. Xanthelasmas: Alias benjolan lunak di kelopak mata, yang berwarna oranye dan sangat lembut untuk disentuh. Ini disebut xanthomas atau juga lebih dikenal dengan sebutan xanthelasmas.

Ini adalah mengendapnya lilin di bawah kulit kelopak mata. Tidak semua penderita kolesterol tinggi mengalami xanthelasma, tetapi kebanyakan terlihat pada orang yang kadar lipidnya tak seimbang.

2. Arcus kornea: Merupakan garis putih tipis yang terlihat di sekitar kornea. National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI) AS menyebut, arcus kornea adalah indikator besar kolesterol tinggi pada tubuh seseorang.

Umumnya, orang yang punya riwayat keluarga pengidap kolesterol tinggi cenderung mengalami arcus kornea di matanya.

3. Eruptive xanthoma: Benjolan berwarna jingga atau kulit: Hadir di kulit wajah, pipi, dan dahi. Selain di wajah, benjolan seperti ini juga muncul di bagian tubuh lainnya, mulai dari bokong, siku, tangan, dan lutut. Adanya benjolan ini, artinya tingginya kadar trigliserida di dalam tubuh.

4. Psoriasis: Bentuknya berupa bercak merah dan gatal pada kulit di wajah dan bagian tubuh lainnya. Ini disebut psoriasis, kondisi peradangan kulit yang umumnya dialami orang dengan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Psoriasis harus diobati segera ya!
(rci/rci)

Sumber: Okezone.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *