HTML Image as link Qries

Uzbekistan Juara Piala Asia U-20

Pesepak bola Timnas U-20 Uzbekistan Rakhmonaliev Umarali (kiri) dan Esanov Sherzod (kanan) dalam laga terakhir Grup A Piala Asia U-20 di Stadion Istiqlol, Fergana, Uzbekistan, Selasa (7/3/2023). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom.

radarcom.id – Tuan rumah Uzbekistan menjadi juara Piala Asia U-20 setelah mereka menundukkan Irak dengan skor 1-0 pada pertandingan final, yang dimainkan di Stadion Bunyodkor, Tashkent, Sabtu (18/3).

Gol semata wayang pada laga itu dibukukan melalui eksekusi penalti Umarali Rahmonaliev pada menit ke-72, demikian dilansir laman resmi AFC. Ini merupakan gelar juara perdana pada Piala Asia U-20 bagi Uzbekistan, setelah sebelumnya pencapaian terbaik negara Asia Tengah itu adalah peringkat kedua pada edisi 2008.

banner 300600

Kemenangan ini juga membawa Uzbekistan menyamai rekor Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, dan Irak, sebagai negara-negara yang telah memenangi gelar Piala Asia di level usia U-17, U-20, dan U-23. Uzbekistan juga akan mengikuti Piala Dunia U-20 di Indonesia Mei mendatang sebagai juara level benua.

Kedua negara finalis ini merupakan rival Indonesia pada fase grup Piala Asia U-20 2023. Irak menjadi lawan pertama timnas Indonesia yang kemudian harus mengakui keunggulan negara Teluk itu dengan skor 0-2, sedangkan Uzbekistan menjadi lawan terakhir Garuda Muda di Grup A dengan pertandingan yang berakhir imbang 0-0.

Secara umum, Uzbekistan kalah penguasaan bola dari Irak sepanjang pertandingan. Uzbekistan hanya mencatatkan 43,4 persen penguasaan bola, sedangkan Irak mengukir catatan 56,6 persen penguasaan bola. Untuk catatan tembakan, Uzbekistan membukukan 12 tembakan, unggul atas Irak yang hanya mencatatkan sembilan tembakan. Namun kedua tim memiliki koleksi yang sama untuk tembakan ke gawang, yakni empat. (ant/rci)

 

 

Sumber: ANTARA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *