HTML Image as link Qries

Ini Tantangan Baru Pasca-Covid Menurut Sri Mulyani

radarcom.id – Ekonomi dunia dan juga Indonesia mengahadapi berbagai tantangan baru pasca-Covid. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menilai bahwa tantangan sangat wajib untuk diwaspadai.

“Kalau resesi ekonominya kontraktif, kalau pelemahan ya dia menurun sangat tajam. Jadi dunia dihadapkan pada situasi ekonominya melemah, harga-harga naik dan geopolitiknya menegang antar blok Barat dengan blok Rusia dan China,” ujar Sri dalam Kuliah Umum: Ketahanan Ekonomi dalam Perspektif Lokal, Nasional dan Global secara virtual di Jakarta, Kamis (2/2/2023) dikutip dari okezone.com.

banner 300600

Memang, kata Sri Mulyani, ada upside risks. Di mana harga komoditas mengalami moderasi, diikuti dengan relaksasi restriksi Covid-19 di China. Selain itu, ada penguatan pemulihan Asia seperti yang nampak di India dan ASEAN-5.

“Key emerging trends juga sudah mulai tumbuh, seperti misalnya green economy, digitalisasi, health industry, dan yang lainnya,” ungkap Sri.

Namun, downside risks yang membayangi 2023 harus tetap diwaspadai. Pertama, adalah peningkatan tensi geopolitik dan inflasi global yang belum sepenuhnya jinak.

“Tingkat suku bunga akan masih relatif tinggi, pelemahan aktivitas ekonomi di China, Amerika Serikat (AS), dan Eropa, juga policy space yang semakin sempit baik itu secara fiskal dan moneter,” kata Sri. (rci/rci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *