HTML Image as link Qries

Enam Tips Menjaga Kesehatan Prostat

Ilustrasi kanker prostat. Parentsafrica.com
Ilustrasi kanker prostat. Parentsafrica.com

radarcom.id – Prostat berfungsi sebagai pengatur jalan urine dan sperma. Kelenjar prostat berada di bawah kandung kemih pria. Seiring bertambah usia, kelenjar prostat juga rentan mengalami masalah kesehatan.

Berikut enam tips menjaga kesehatan prostat :

banner 300600

1. Mempertahankan berat badan ideal

Mengutip Bens Natural Health, obesitas atau kelebihan berat badan rentan mempengaruhi masalah kesehatan prostat. Kelebihan berat badan meningkatkan tekanan intra-abdomen yang memperburuk gejala pembesaran prostat. Misalnya, aliran urine yang buruk, buang air kecil berlebihan saat malam.

Kelebihan berat badan dan obesitas juga meningkatkan peradangan juga risiko kerusakan pembuluh darah dan organ tubuh akibat radikal bebas.

2. Meningkatkan aktivitas fisik 

Pria yang sering duduk dalam waktu lama lebih berisiko mengalami masalah prostat. Duduk dalam waktu lama memberi tekanan prostat yang berujung peradangan. Untuk melindungi prostat dari pembengkakan, sebaiknya meningkatkan aktivitas fisik dan rutin berolahraga.

3. Suplemen

Tak hanya diet, suplemen juga bermanfaat meningkatkan kesehatan prostat. Suplemen yang mengandung vitamin dan mineral.  Suplemen dari ekstrak biji labu dan semanggi merah juga baik untuk kesehatan prostat.

4. Konsumsi buah dan sayuran
Mengutip Health Matters, konsumsi sayuran dan buah-buahan penting untuk kesehatan prostat. Kandungan vitamin dan antioksidan menjaga dan meningkatkan kesehatan prostat.

Buah beri mengandung antioksidan yang menetralkan radikal bebas dan menjaga imun tubuh. Buah jeruk mengandung vitamin C yang menunjukkan efek perlindungan untuk kelenjar prostat. Kacang mengandung seng (zinc) yang bermanfaat untuk produksi sperma dan hormon testosteron.

5. Mengurangi konsumsi daging merah panggang

Senyawa kimia yang dilepaskan saat daging merah hangus dianggap meningkatkan risiko terhadap kanker prostat.

6. Mengurangi atau berhenti konsumsi minuman beralkohol 

Alkohol bisa menghalangi kemampuan otot prostat untuk rileks. Akibatnya kandung kemih mengalami iritasi. Asupan alkohol yang tinggi juga menyebabkan sumbatan saluran kemih. Demikian dikutip dari tempo.co. (tmp/rci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *