HTML Image as link Qries

Presiden Jokowi Tinjau Produk-produk Strategis Pertahanan di Paviliun DEFEND ID

Presiden Jokowi disambut oleh Direktur Teknologi & Pengembangan PT DAHANA sekaligus Ketua Pelaksana Pameran DEFEND ID Suhendra Yusuf Ratuprawiranegara saat meninjau di Paviliun DEFEND ID, Rabu (2/11/2022). Foto Istimewa for radarcom.id
Presiden Jokowi disambut oleh Direktur Teknologi & Pengembangan PT DAHANA sekaligus Ketua Pelaksana Pameran DEFEND ID Suhendra Yusuf Ratuprawiranegara saat meninjau di Paviliun DEFEND ID, Rabu (2/11/2022). Foto Istimewa for radarcom.id

radarcom.id – Presiden Joko Widodo berkesempatan meninjau produk-produk pertahanan yang dipamerkan dalam pameran pertahanan internasional terbesar se-Asia Tenggara, Indo Defence 2022 Expo & Forum yang digelar Kementerian Pertahanan RI di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu (2/11/2022).

Presiden disambut oleh Direktur Teknologi & Pengembangan PT DAHANA sekaligus Ketua Pelaksana Pameran DEFEND ID Suhendra Yusuf Ratuprawiranegara saat melakukan peninjauan di Paviliun DEFEND ID di Hall A-279 JI Expo Kemayoran.

banner 300600

Suhendra Yusuf RPN kepada Presiden didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjukkan berbagai produk-produk strategis pertahanan PT Dahana. Diantaranya beragam produk energetic materialnya seperti roket dan kendaraan peluncurnya, bom pesawat tempur, Senjata Lawan Tank (SLT), Manpads hingga drone pintar bernama RAJATA. Mendengarkan penjelasan Suhendra, terlihat Presiden Jokowi semringah. Dijelaskan pula, belum lama ini Dahana beserta Kemenhan dan BRIN sukses melakukan uji statis Roket Rhan 450 dengan hasil yang semakin meningkat.

“Selain memamerkan produk pertahanan, dalam pameran tersebut juga akan dilaksanakan beberapa agenda lainnya seperti penandatanganan kontrak Kerjasama courtesy call, dan DEFEND ID Talk. Dan tidak kalah menariknya akan ada demo produk dari Pindad dan Dirgantara Indonesia di Pondok Duyung dan Halim Perdana Kusumah,” terang Suhendra.

Dia menambahkan, penandatangan kontrak antara DEFEND ID dengan mitra disaksikan oleh Presiden Jokowi dan beberapa menterinya pada hari pembukaan pameran, 2 November 2022 di Sharing Area Paviliun DEFEND ID. Selain itu, panitia juga menggelar pertemuan pimpinan perusahaan DEFEND ID dengan perbankan, khususnya HIMBARA terkait peluang potensi kerjasama investasi di DEFEND ID.

Diketahui, Kementerian Pertahanan RI kembali menggelar pameran pertahanan internasional terbesar se-Asia Tenggara, Indo Defence 2022 Expo & Forum yang mengusung tema “Peace, Prosperty, Strong”. Untuk pertama kalinya, dengan nama DEFEND ID hadir dalam pameran yang akan diselenggarakan di JI Expo Kemayoran Jakarta pada 2-5 November 2022.

Secara khusus, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memberikan pengarahan kepada pimpinan industri pertahanan dalam negeri sebagai persiapan mengikuti pameran tersebut pada 27 Oktober 2022 di Aula Bhineka Tunggal Ika Kemhan RI Jakarta. Pertemuan ini dihadiri pula oleh para pimpinan Holding DEFEND ID yang beranggotakan PT Len Industri (Persero) sebagai induk holding, PT Dirgantara Indonesia, PT PAL Indonesia, PT Pindad dan PT DAHANA.

Menurut Direktur Bisnis dan Kerjasama PT Len Industri (Persero) Wahyu Sofiadi, untuk pertama kalinya setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 22 April lalu, Holding BUMN industri pertahanan DEFEND ID hadir dalam pameran Indo Defence 2022 Expo & Forum.

“Pameran internasional ini tentunya sangat penting, selain menjadi etalase kemampuan teknologi pertahanan dalam negeri juga menjadi momentum untuk menjalin kerjasama dengan mitra-mitra strategis pertahanan,” ungkap Wahyu Sofiadi.

Berbagai produk pertahanan buatan DEFEND ID akan ditampilkan dalam pameran ini. Sebut saja Len Industri yang akan menampilkan radar, intercome, E-Tactical Bike hingga Combat Management System. PT Dirgantara Indonesia akan memamerkan pesawat N219 Amphibi dan beragam jenis pesawat lainnya yang diproduksi di Bandung antara lain CN235-220, NC212i, UAV MALE “Elang Hitam”, serta produk kolaborasi helikopter dan pesawat tempur KFX/IFX. PTDI juga akan menghadirkan Pesawat N219 dan CN235 FTB di area static display di Bandar Udara Halim Perdanakusuma.

Sementara itu, matra laut yang diwakili PT PAL Indonesia akan menunjukkan berbagai jenis kapal perang, mulai dari LPD 163M, KCR generasi baru, Kapal Rumah Sakit, Perusak Kawal Rudal, Frigate, hingga Kapal Selam tanpa awak (Autonomous). Dari matra darat PT Pindad akan menampilkan ragam produk senjata & munisi mulai dari SS2-V5 A1, SS Amphibious hingga simulator senjata “Pasupati”. PT Pindad juga menghadirkan berbagai kendaraan tempur yaitu Medium Tank Harimau, Badak 6×6 hingga kendaraan taktis Maung yang didemonstrasikan secara langsung di area outdoor.

DEFEND ID hingga kini terus bergerak melakukan berbagai inovasi dan kolaborasi untuk mendukung kemandirian Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) nasional, berkontribusi dalam meningkatkan nilai Tingkat Kandungan Dalam Negeri, menjadi pemain utama di rantai pasok industri pertahanan dunia, serta menjadi Top Global 50 Defence Company. (rci/rci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *