HTML Image as link Qries

Honda dan Sony Kolaborasi Bikin Mobil Listrik, Dijual Mulai 2025

Logo Sony. REUTERS/Yuya Shino
Logo Sony. REUTERS/Yuya Shino

radarcom.id – Honda Motor dan Sony Group Corp Jepang akan mengirimkan mobil listrik pertama hasil kolaborasi itu pada 2026. Penjualan mobil bakal secara online baik di Amerika Serikat maupun Jepang.

Mobil listrik premium tersebut menawarkan sistem perangkat lunak baru yang dikembangkan oleh Sony dan layanan berlangganan setiap bulan. Proyek pertama yang disebut Sony Honda Mobility ini dimuali pada Juni lalu.

banner 300600

“Proyek itu penting bagi Honda untuk mengembangkan hubungan jangka panjang dengan pembeli mobilnya karena kendaraan bergeser menjadi lebih dari perangkat yang terhubung,” kata Yasuhide Mizuno, Ketua dan Kepala Eksekutif Sony Honda Mobility sekaligus Eksekutif Senior Honda, dikutip hari ini, Kams, 13 Oktober dari Reuters.

Pemesanan mobil listrik baru itu akan dibuka pada 2025. Mizuno percaya bahwa 2025 akan menjadi tahun yang penting menuju elektrifikasi di pasar Amerika Serikat.

EV baru tersebut akan dikirim ke pasar Jepang pada paruh kedua 2026. Kedua perusahaan bahkan mempertimbangkan peluncuran untuk Eropa.

Mengenai detail spesifikasi, harga, baterai dan platform mobil listrik ini belum diungkapkan. Perwakilan perusahaan baru merinci bahwa visi mobil listrik ini dapat berfungsi seperti smartphone bergulir.

Sony akan menyediakan perangkat lunak untuk mobil baru ini. Mulai pengontrol onboard hingga layanan berbasis cloud yang akan terhubung dengan sistem hiburan dan pembayaran.

Mobil listrik hasil kolaborasi dari dua perusahaan besar tersebut juga akan menyediakan sensor dan teknologi lain untuk sistem penggerak otonom level 3.  Tingkatan ini memungkinkan pengemudi lebih memperhatikan konten dan layanan perangkat lunak.

“Karena teknologi berkendara yang aman akan terus berkembang dan jumlah konsentrasi yang dibutuhkan untuk mengemudi akan berkurang, kami harus mempertimbangkan cara-cara baru untuk menikmati dan menghabiskan waktu di ruang kabin secara keseluruhan,” kata Izumi Kawanishi, presiden dan eksekutif perusahaan joint venture.

Honda akan memutuskan platform yang akan digunakan kendaraan baru dan detail baterai. Kendaraan listrik ini kemungkinan akan diproduksi oleh Honda di salah satu pabriknya di Ohio, AS. (tmp/rci)

 

 

Sumber: tempo.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *