HTML Image as link Qries

Bisakah Mobil Mesin Bakar Biasa Dimodifikasi Menjadi Mobil Listrik? Ini Jawabnya

VW Beetle dengan konversi motor listrik
VW Beetle dengan konversi motor listrik. Foto Istimewa

radarcom.id – Dengan perkembangan mobil listrik yang semakin pesat, mungkin beberapa dari Anda ada yang berpikir untuk memilikinya. Namun, membeli mobil baru mungkin di luar kebutuhan Anda saat ini. Bagaimana jika mengubah mobil lama Anda yang bermesin bakar internal (internal combustion engine) menjadi mobil listrik?

Melansir gridoto, ternyata sudah sering dilakukan oleh Zelectric Motors dan EV West dari California, Amerika Serikat. Sejauh ini keduanya berfokus pada konversi mobil klasik menjadi mobil listrik.

banner 300600

Benardo, CEO dari Zelectric Motors mengungkapkan alasannya melakukan konversi tersebut.

“Senyap, tidak berbau, tidak meneteskan oli. Kamu tidak perlu memanaskannya setiap pagi. Tidak perlu mengutak-atik mobil tersebut setiap akhir pekan. Jika ada masalah, kamu bisa membawanya ke tempat yang biasa memperbaiki mobil golf,” terangnya.

Zelectric Motors sendiri menawarkan jasa konversinya dengan banderol mulai dari $56.000 atau Rp 794.304.000.

Zelectric menggunakan motor AC dari Tesla Model S yang dihubungkan kepada baterai Lithium Iron Phospate atau LiFePO4.

Michael Bream dari EV West menyatakan bahwa alasannya menggunakan mobil-mobil klasik adalah untuk memperpanjang usia mobil tersebut di era di mana emisi sangat diperhatikan.

“Sistem gerak elektriknya mengurangi kebutuhan untuk servis yang terus menerus dilakukan (pada mobil klasik),” tambahnya.

EV West sendiri menawarkan paket konversi motor listrik dengan komponen yang lebih terjangkau dan dapat dikerjakan di luar bengkelnya.

Dibanderol $7.598 atau Rp 107.703.088, Anda mendapatkan motor HPEVS AC-50 yang dapat menghasilkan 55-76 dk dengan torsi 162 Nm.

Belum termasuk baterai, paket ini berisi komponen yang dibutuhkan dalam konversi.

Seperti adaptor transmisi, controller sistem motor listrik beserta regenarasi tenaga, soket charger dengan chargernya, converter, throttle control dari Toyota Prius, dan pelengkap lainnya. (rci/rci)

 

LIHAT SUMBER BERITA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *