HTML Image as link Qries

Menerapkan Sleep Hygiene Agar Terbebas Gangguan Tidur, Bagaimana Caranya?

Illustrasi sleep hygene
Illustrasi sleep hygene. Foto Istimewa

radarcom.id – Tidur sangat dibutuhkan oleh tubuh karena bermanfaat bagi kesehatan fisik maupun mental, maka gangguan tidur bisa sangat menyiksa.

Meski demikian, terkadang seseorang mengalami berbagai macam gangguan tidur (sleep disorder). Salah satu upaya untuk mengatasi gangguan tidur adalah dengan menerapkan sleep hygiene.

banner 300600

Melansir Sleep Education, istilah “sleep hygiene” mengacu pada serangkaian kebiasaan tidur sehat dengan membersihkan segala macam gangguan yang mengurangi kualitas tidur. Kebiasaan ini dapat membantu memperbaiki jam tidur berantakan dan mengatasi gangguan tidur, insomnia misalnya.

Bagaimana Caranya?

Berikut ini cara menerapkan sleep hygiene atau pola tidur sehat supaya terbebas dari gangguan tidur, sebagaimana dirangkum dari laman Sleep Foundation:

Tidur Siang 30 Menit Saja 
Aktivitas tidur siang sesungguhnya bagus untuk meningkatkan konsentrasi. Akan tetapi, hal itu tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Usahakan untuk membatasi tidur siang sampai 30 menit saja. Jika lebih dari itu, justru akan menekan rasa kantuk di malam hari sehingga membuat sulit tidur.

Hindari Kafein
Karena merupakan stimulan, kandungan kafein dapat membuat seseorang tahan akan rasa kantuk, bahkan ketika ingin beristirahat sekalipun. Jadi, cobalah untuk menghindarinya di sore atau malam hari. Pun jangan terlalu banyak mengkonsumsi kafein menjelang waktu tidur.

Guna meningkatkan kualitas dan terbebas dari segala gangguan tidur, usahakan untuk melakukan aktivitas olahraga ringan selama 10 menit sehari. Ini dapat dilakukan, misalnya dengan berjalan atau bersepeda di sore hari. Selain itu, direkomendasikan untuk menghindari olahraga berat menjelang waktu tidur.

Dapatkan Paparan Cahaya Siang Hari 
Cahaya, terutama sinar matahari, adalah salah satu pendorong utama ritme sirkadian yang dapat mendorong kualitas tidur. Ini sangat penting bagi individu yang mungkin tidak sering keluar rumah. Oleh karena itu, pastikan tubuh mendapat paparan cahaya alami di siang hari memadai.

Pastikan Tempat Tidur Nyaman 
Tidak kalah penting, memastikan tempat tidur atau kamar agar selalu nyaman merupakan cara ampuh untuk bisa menerapkan sleep hygiene. Sebagai contoh, kasur dan bantal harus nyaman dan kamar tidur harus sejuk untuk tidur yang optimal mengakhiri gangguan tidur. Pun perlu matikan perangkat-perangkat elektronik di sekitar, seperti gawai, layar televisi, dan PC.  (tmp/rci)

 

Sumber: tempo.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *