Qries

5 Cara Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Keras dan Bau

Masakan sate
Ilustrasi sate

radarcom.id – Minggu (10/7/2022) seluruh umat muslim di dunia telah menjalani perayaan Hari Raya Idul Adha. Bahkan sebagian umat muslim telah merayakannya kemarin.

Hari Raya Idul Adha tentu identik dengan beragam olahan daging sapi dan juga kambing. Mungkin bagi sebagian orang mengolah daging sapi cukup mudah dilakukan, namun berbeda dengan kambing.

Pasalnya, mengolah daging kambing butuh keterampilan khusus terutama untuk menghilangkan bau khasnya. Tak hanya itu untuk membuat daging menjadi empuk ketika diolah juga bukan hal yang cukup mudah.

Tapi jangan khawatir, ada beberapa tips sederhana yang bisa kalian lakukan untuk menghilangkan bau dan membuat daging kambing empuk ketika diolah. Dikutip dari berbagai sumber berikut ulasannya.

Buang lemak

Daging kambing identik dengan baunya yang khas. Rupanya bau prengus pada daging kambing nyatanya berasal dari lapisan lemak yang menempel. Lantas untuk menghilangkannya, kalian bisa membuang bagian lemak pada daging kambing yang akan diolah.

Taburi garam

Usai membersihkan daging kambing, kalian bisa menaburi daging kambing dengan garam. Hal ini tak hanya menambah rasa pada daging tapi juga menghilangkan aroma tak sedap pada daging. Agar garam terserap sempurna diamkan beberapa saat.

Baluri daging dengan nanas

Nanas dikatakan mengandung rasa asam yang dapat membantu mengurangi rasa prengus pada daging. Terlebih lagi, nanas juga dapat membantu daging terasa lebih empuk. Caranya haluskan nanas dan lumuri pada daging, lalu diamkan selama beberapa jam.

Rebus daging kambing dengan rempah

Seperti yang kita ketahui rempah-rempah memiliki aroma tajam dan juga khas yang mampu mengatasi aroma tak sedap pada kambing. Jadi, melumuri daging kambing dengan rempah-rempah bisa jadi cara yang efektif untuk menghilangkan baunya.

Rebus dengan cuka

Tak hanya rempah, Anda juga bisa memanfaatkan cuka untuk menghilangkan bau prengus dan amis pada kambing. Caranya, rebus kambing pada air yang diberi cuka selama beberapa saat sebelum dimasak atau dibumbui. (lip/rci)

Sumber: liputan6

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.