Qries

Mantan PM Jepang Shinzo Abe Tersungkur Diduga Ditembak di Dada

Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, tertembak di dada saat pidato di Nara, Jepang. Sumber : Kyodo News via AP
Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, tertembak di dada saat pidato di Nara, Jepang. Sumber : Kyodo News via AP

radarcom.id – Mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, mengalami gagal jantung setelah tampaknya ditembak selama pidato kampanye, pada Jumat 8 Juli 2022, di Jepang barat.

Mengutip viva.co.id, dalam foto yang dibagikan oleh AP, Jumat 8 Juli 2022, terlihat Abe yang tergeletak dengan luka tembak di dadanya.  Penyiar NHK menayangkan rekaman yang menunjukkan Abe pingsan di jalan, dengan beberapa penjaga keamanan berlari ke arahnya.

Abe memegangi dadanya ketika dia pingsan, dengan bajunya berlumuran darah dan dilarikan ke rumah sakit.

Menurut laporan, Abe dinyatakan gagal jantung. Istilah gagal jantung sendiri adalah jantung yang tidak dapat cukup memompa darah dan memasok oksigen yang diperlukan ke seluruh tubuh.

Di Jepang, para pejabat terkadang menggunakan istilah itu untuk menggambarkan situasi di mana para korban tidak lagi hidup tetapi menunggu pernyataan resmi dibuat.

Mantan PM Jepang itu berada di Nara untuk berkampanye menjelang pemilihan hari Minggu, 10 Juli 2022, untuk majelis tinggi parlemen dan memberikan pidato. Tetapi  orang-orang mendengar suara tembakan saat Abe memulai pidatonya. Polisi setempat berhasil menangkap seorang tersangka pria di tempat kejadian karena dicurigai melakukan percobaan pembunuhan.

Serangan itu mengejutkan di negara yang merupakan salah satu negara teraman di dunia dan dengan beberapa undang-undang kontrol senjata yang paling ketat di mana pun. (vvn/rci)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.