Heboh Tiket Masuk TN Komodo Rp 3,7 Juta, Ternyata Begini Faktanya

Taman Nasional Komodo
Taman Nasional Komodo. Foto Istimewa

radarcom.id – Beredar kabar bahwa harga tiket masuk Taman Nasional Komodo berubah jadi Rp3,75 juta per orang mulai 1 Agustus 2022.

Hal itu dipastikan tidak benar oleh Carolina Noge, Koordinator Pelaksana Program Penguatan Fungsi di TN Komodo, dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Jumat, 1 Juli 2022.

Melansir liputan6.com, bukan harga tiket masuk, Rp3,75 juta per orang per tahun ditetapkan sebagai biaya kontribusi. Pihaknya sekaligus membatasi jumlah wisatawan yang berkunjung ke TN Komodo, yakni 200 ribu orang per tahun yang diberlakukan mulai 1 Agustus 2022.

“Penetapan biaya sebesar Rp3,75 juta per orang yang berlaku selama satu tahun merupakan biaya kontribusi untuk program konservasi Pulau Komodo, Pulau Padar, dan kawasan perairan sekitarnya, bukan sekadar harga tiket masuk ke Taman Nasional Komodo,” tuturnya.

Carolina menambahkan, “Pengunjung yang akan melakukan kunjungan wajib registrasi dan reservasi secara online satu pintu melalui aplikasi. Kemudian, pembatasan pengunjung melalui registrasi online, serta penerapan biaya kontribusi ini akan digunakan untuk upaya konservasi.”

Masuk dalam daftarnya adalah manajemen kunjungan, pengelolaan sampah, pemulihan terumbu karang yang rusak, pemberdayaan masyarakat lokal, optimalisasi pengawasan, dan pengamanan kawasan terkait perburuan liar, pemancingan ilegal, penggunaan pukat harimau dan overfishing, serta berbagai isu dan permasalahan lain yang “mengancam habitat komodo dan ekosistem di dalamnya.”

Dr. Irman Firmansyah, yang melakukan Kajian Daya Dukung Daya Tampung (DDDT) Berbasis Jasa Ekosistem di Pulau Komodo, Pulau Padar, dan kawasan perairan sekitar di Taman Nasional Komodo, mengatakan, “Jika seorang wisatawan datang mengunjungi suatu tempat, pastinya ada nilai ekosistem yang berkurang.” (lip/rci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.