HTML Image as link Qries

Tahapan Pemilu 2024 Resmi Dimulai, Bawaslu Bandar Lampung Warning Netralitas ASN

Ketua Bawaslu Bandar Lampung
Candrawansah. Foto Istimewa

radarcom.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bandarlampung sudah memulai Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada Selasa (14/6/2022).

Pemberlakukan dimulainya tahapan Pemiu 2024 seperti tertuang dalam PKPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024.

banner 300600

Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung Candrawansah mengatakan bahwa salah satu yang menjadi penekanan dengan dimulainya tahapan pemilu 2024 adalah soal netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Sudah mulai masuk tahapan Pemilu 2024, dalam waktu dekat kami akan memberikan surat pencegahan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN). Nantinya surat itu berisi tentang himbauan agar ASN netral,” terang Bang Candra–sapaan akrabnya, Selasa (14/6/2022).

Netralitas ASN di Pemilu 2024, sambung Bang Candra, diantaranya juga harus netral termasuk di media sosial (medsos). “Harus netral termasuk di media sosial (medsos), ASN tidak bisa memberika like, menyebar info, tentang partai politik. Bila ada yang melakukan dan ketahuan, bisa diproses dengan pelanggaran netralitas ASN,” ungkapnya.

Selain itu, Bawaslu juga me-warning DPRD juga netral ketika melakukan reses. Sebab, menurut dia, dalam reses juga tidak boleh ada ajakan memilih parpol dan dukung mendukung calon tertentu.

“Sebab DPRD bukan punya partai politik melainkan punya publik atau masyarakat. Ketika reses itu tempat menampung aspirasi masyarakat dan kegiatan itu difasilitasi oleh APBD atau APBN, maka jangan sampai reses terbawa ranah politik terkait dukung mendukung calon tertentu. Bawaslu juga lakukan pengawasan terhadap hal ini,” tuturnya.

Ditambahkan, Bawaslu juga mengajak peran serta masyarakat dalam mengawasi tahapan Pemilu 2024 yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Pengawasan partisipatif masyarakat diantaranya dengan menggandeng Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung dan Kanwil Kemenag Provinsi Lampung untuk memberikan pendidikan politik ke pelajar SMA dan Madrasah Aliyah.

“Untuk sosialisasi pengawasan partisipatif pemilu dan edukasi pendidikan politik kami lakukan di 70 sekolah di Bandar Lampung,” tandasnya.

Bawaslu apel siaga
Bawaslu Bandar Lampung Apel Siaga Pengawasan dimulainya Tahapan Pemilu 2024, Selasa (14/6/2022). Foto Dok Bawaslu Bandar Lampung

Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024

Sementara itu, Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Indonesia melalui Daring di Sekretariat masing-masing melakukan apel tanda kesiapan mengawasi Pemilu Serentak tahun 2024. Ini juga dilaksanakan Bawaslu Kota Bandar Lampung di halaman Sekretariat Bawaslu Kota Bandar Lampung yang dihadiri oleh Ketua dan Anggota, Kepala Sekretariat dan seluruh jajaran staff Sekretariat Bawaslu Kota Bandar Lampung.

Candrawansah dalam arahannya menyampaikan agar seluruh jajaran menyiapkan diri baik dari segi pengetahuan maupun mental.

“Genderang Tahapan Pemilu telah dimulai hari ini (14/06) kita harus sudah mempersiapkan diri dan berbagai tahapan sudah pernah kita lewati mulai dari Pemilihan Umum 2019, Pemilihan Gubernur dan Pemilihan Walikota 2020 tentunya apa yang sudah kita lakukan pasti memiliki kekurangan oleh karenanya kita harus mengevaluasi dan memperbaiki kinerja kita supaya Pengawasan Pemilu 2024 sukses,” pungkasnya.

(rci/rci)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *