Qries

Pemakaman Eril, Warga Berdatangan Nyekar Diperbolehkan

lokasi pemakaman Eril di Cimaung Jawa Barat
Sejumlah petugas tengah mempersiapkan area pemakaman putra Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril di Yayasan Islamic Centre Baitulridwan, Desa Cimaung, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin (13/6/2022). Foto detikcom

radarcom.id – Pemakaman jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril dilakukan pagi ini. Warga pun berdatangan di Baitul Ridwan Islamic Center, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (13/6/2022). Warga yang berkeinginan nyekar langsung di makam Eril akan difasilitasi usai prosesi pemakaman.

“Ini rombongan dari Banjaran. Sengaja datang ke sini mau takziah. Saya terharu, meski bukan siapa-siapa tetapi ikut sedih,” ucap Imas (53), salah satu warga, dikutip dari detikcom.

Bahkan, saking banyaknya warga yang ingin melayat, mereka terlihat menyemut di luar areal pemakaman Di lokasi pemakaman Eril telah disediakan dua tenda serta ratusan kursi untuk para pelayat. Ada pula tenda untuk awak media serta tenda keluarga yang terpasang di dekat area liang lahat.

Pantauan di lokasi, lantunan salawat terus menggema. Tempat peristirahatan terakhir Eril dikelilingi gunung, terasa sejuk dan memiliki udara dingin. Terlihat pula sejumlah protokol Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat telah membawa karangan bunga.

Pemkab Bandung bakal memberikan fasilitas bagi warga yang ingin nyekar langsung usai prosesi pemakaman Eril. Meski begitu, warga yang hendak nyekar langsung ke makam Eril, diimbau untuk tetap tertib.

“Bagi yang akan mendoakan, kami juga sudah diskusi dengan keluarga bahwa kita persiapkan para warga yang akan mendoakan pasca pemakaman,” ucap Bupati Bandung Dadang Supriatna di lokasi pemakaman, Senin (13/6/2022) dikutip dari detikjabar.

“Tapi secara teratur, tidak boleh berebutan waktu. Nanti ada petugas atau kami sedang persiapkan anggota dari Dishub, Satpol PP, Polres dan TNI supaya tertib,” ungkapnya.

Dijelaskan, warga dapat datang langsung untuk nyekar ke makam Eril hingga 7 hari ke depan. Untuk itu, Pemkab Bandung pun bakal menyiapkan personel untuk menjaga agar warga tetap tertib.

“Kita siapkan kalau biasanya di sini selama tujuh hari. Tentu kita selama tujuh hari menyiapkan personel dari mulai Polisi, TNI, Dishub dan Satpol PP. Sehingga tidak ada gangguan, di lalu lintas terutama,” katanya. (dtc/rci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.