Gandeng BPBD dan Tagana, KSR PMI Pringsewu Gelar Diklatsar Kebencanaan

  • Whatsapp

radarcom.id – Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Pringsewu menggelar pendidikan dan latihan dasar (diklatsar) tentang kebencanaan. Kegiatan diikuti oleh 23 peserta dan diadakan di Teluk Kenyo, Pekon Pasir Ukir, Kecamatan Pagelaran, Selasa (7/12).

Dalam paparannya, Kasi Kesiapsiagaan BPBD Pringsewu Agus Purnomo menyatakan bencana datangnya bisa kapan saja. Untuk mengurangi dampak korban jiwa atau benda, dapat dilakukan dengan meningkatkan kapasitas masyarakat maupun relawan untuk melakukan usaha pengurangan risiko bencana.

Bacaan Lainnya
banner 728x250

“Pada saat terjadi bencana sangat dibutuhkan sinergi dari berbagai pihak baik komunitas dan relawan yang tergabung pada lembaga maupun organisasi seperti PMI Kabupaten Pringsewu,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, BPBD sesuai UU Nomor 24 tahun 2007 tentang penanganan bencana mempunyai fungsi komando, koordinator dan pelaksana. “Untuk itu perlu sinergitas antara BPBD, Tagana, PMI, Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) dalam menangani bencana,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tagana Pringsewu Joko Supriyanto menyatakan Tagana adalah relawan sosial yang dibentuk dan dibina pemerintah dan harus bisa menunjukkan konsistensinya untuk menolong masyarakat disaat terjadi bencana.

“Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh Tagana pada penanggulangan bencana seperti mitigasi bencana, identifikasi dampak sosial, evakuasi, bimbingan psikososial sampai dengan penyaluran bantuan sosial,” ujarnya.(rif/hin/rci)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *