Sanggar Bulan Temanggal Menggelar Uji Pentas dan Evaluasi

  • Whatsapp

radarcom.id – Membentuk kualitas penari sudah menjadi prioritas Sanggar Bulan Temanggal Pringsewu. Maka dari itu, perlu dilaksanakan uji pentas dan evaluasi sebagai upaya untuk mengukur kemampuan para calon penari agar dapat tampil di event-event bergengsi.

“Kegiatan ini pastinya untuk menanamkan pemahaman tradisi kepada anak agar mencintai budayanya sendiri. Ini juga suatu hal yang menjadi kewajiban bagi kita untuk mengenalkan kepada mereka, agar mereka terhindar dari budaya yang negatif,” Suchairi Sibarani saat membuka acara tersebut.

Disamping itu, Suchairi Sibarani mengungkapkan calon penari bukan hanya bisa menari, namun dengan belajar seni budaya diharapkan akan tumbuh kepercayaan diri pada diri mereka sendiri.

Acara yang digelar pada hari Minggu (5/12) di Talang Indah Pringsewu, diikuti oleh 20 orang penari. Yang terdiri dari usia 4 hingga 20 tahun. Terbagi menjadi 9 kelompok yang menampilkan Tari Bedana, Tari Bebay Tanggoh, Tari Muli Nyamppokh, dan Tari Selagai Nguggha.

Para peserta yang lulus dalam uji oentas dan evaluasi tersebut nantinya akan melanjutkan ke kelas tari ditingkat berikutnya, lengkap dengan sertifikat sebagai pertanda bahwa mereka telah lulus dan siap untuk pentas.

Tak hanya itu, lulusnya para penari ini juga membuka peluang bagi mereka untuk tampil di ajang-ajang kesenian, baik di tingkat Kabupaten, Provinsi maupun tingkat Nasional.

Sementara itu, Dwi Siswanto selaku ketua dan pelatih Sanggar Bulan Temanga menjelaskan Sanggar Bulan Temanggal Pringsewu sering kali didapuk sebagai penari pada event-event seperti Grand Final Pemilihan Muli Mekhanai Pringsewu, Festival Bambu Seribu di Kabupaten Pringsewu, Lampung Krakatau Festival dan event-event tingkat nasional seperti West Java Festival dan lain-lain.

“Diharapkan mereka yang berprestasi nantinya bisa bergabung menjadi bagian pada event-event bergengsi tersebut,” ungkapnya. (rif/hin/rci)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *