LPA Pringsewu Beri Pelatihan untuk Kader PATBM Sinarbaru Timur  

  • Whatsapp

radarcom.id – Para kader Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Pekon Sinarbaru Timur, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu mendapat pelatihan dari Lembaga Perlindungan Anak (LPA) setempat.

Pelatihan ini sebagai upaya untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya memberikan perlindungan terhadap hak-hak anak, sekaligus mendukung Pringsewu sebagai Kabupaten Layak Anak.

Bacaan Lainnya
banner 728x250

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi saat membuka kegiatan pelatihan di Balai Pekon Sinarbaru Timur, Jumat (12/11/21) sangat mendukung dan menyambut baik pelatihan ini. Melalui kelompok PATBM ini, diharapkan akan tumbuh inisiatif dari masyarakat sebagai ujung tombak untuk melakukan upaya-upaya pencegahan dengan membangun kesadaran masyarakat agar terjadi perubahan pemahaman, sikap, dan perilaku yang memberikan perlindungan terhadap hak-hak anak.

Fauzi yang juga Ketua LPA Pringsewu juga mengajak kapekon dan seluruh pemangku kepentingan serta kader untuk bersama-sama memajukan PATBM tersebut, disamping selalu berpihak kepada kepentingan dan hak-hak anak. “Untuk diketahui bahwa pola pikir seorang anak sangat ditentukan oleh keluarga dan lingkungannya. Oleh karenanya, mari bersama-sama kita ciptakan kondisi keluarga serta lingkungan yang baik demi tumbuh kembangnya anak-anak kita,” ujarnya.

Salah satu narasumber, Siwi dari LPA Pringsewu mengatakan PATBM merupakan sebuah gerakan dari kelompok warga di tingkat masyarakat yang bekerja secara terkoordinasi untuk mencapai tujuan perlindungan anak. “Pentingnya pelatihan bagi para kader, karena PATBM inilah yang akan menjadi ujung tombak yang dapat mendeteksi jika terjadi hal-hal yang berkaitan dengan anak di tingkat pekon, termasuk melakukan upaya-upaya pencegahan dini sebelum terjadi,” katanya.

Kegiatan pelatihan ini diikuti sebanyak 16 peserta yang merupakan kader PATBM pekon. Turut hadir pada pembukaan pelatihan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Pringsewu Purhadi, Kadis P3AP2KB Nang Abidin Hasan, Camat serta Kapekon beserta Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat. (rci/rci)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *