Penataan Ulang Tim Patroli Roda Dua, Kapolda Metro Jaya Ajukan 8 Konsep

  • Whatsapp
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

radarcom.id – Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Fadil Imran akan melakukan penataan ulang terhadap sejumlah tim patrol yang selama dinilai berjalan sendiri-sendiri.

Penataan ulang ini direncanakan Fadil Imran setelah masyarakat mengkritik sikap dan langkah Tim Raimas Backbone dalam menjalan patrol.

Bacaan Lainnya
banner 728x250

Mengutip tempo.co, berikut sejumlah rencana dan konsep yang akan dilakukan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran tentang penataan ulang tim patroli roda dua yang ia sebut sebagai the dream team.

Rencana konsep ini Fadil Imran sampaikan saat memberi arahan kepada tim tindak Ditsabhara dan Kepolisian Resor jajaran di Polda Metro Jaya pada Kamis, 4 November 2021.

2. Dilakukan pembenahan struktur, kultur, instrument, peralatan, dan aspek-aspek pendukung secara hukum juga akan diperbaiki.

3. Membagikan 50 unit motor kepada tim-tim patroli di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

4. Para personel tim patroli roda dua akan mendapatkan seragam baru, alat pendukung patroli, hingga pelatihan bela diri judo.

5. Para personel tim patroli akan menjalani pelatihan dan pendidikan di Sekolah Pendidikan Kepolisian di Lido untuk belajar perspektif tentang HAM.

“Mereka akan belajar soal perspektif tentang kejahatan, perspektif tentang komunikasi publik, perspektif tentang transformasi organisasi,” tuturnya.

6. Dikawal dengan mobil komando yang membawa perlengkapan tes narkoba, tes alkohol, hingga alat identifikasi MAMBIS (mobile automated multi-biometric identification system).

“Supaya kalau ada orang bohong mengenai identitasnya dia bisa langsung ketahuan,” tuturnya.

7. Tim patrol roda dua dilengkapi dengan helmet cam untuk merekam peristiwa saat bertugas. “Jadi kalau terjadi kontak dengan pelaku tindakan kriminal anggota tersebut bisa terlindungi dirinya dari alat bukti virtual,” katanya.

8. Tim patroli bakal diisi oleh anggota yang rupawan. “Diisi oleh polisi yang ganteng ganteng wangi-wangi,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.  (tmp/rci)

 

Sumber: tempo.co

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *