Batas Usia Nikah Minimal 19 Tahun, Bila Belum Cukup Umur Minta Dispensasi PA

  • Whatsapp

radarcom.id – Batas usia untuk menikah baik pria maupun wanita adalah 19 tahun. Hal tersebut untuk menekan angka peristiwa nikah usia dibawah umur atau pernikahan dini.

Kepala KUA Kecamatan Gadingrejo Sulaiman Adnan mengaku seringkali masyarakat belum tahu batas umur yang dianjurkan Undang – Undang setelah adanya perubahan. Padahal hal tersebut penting untuk diketahui oleh masyarakat.

Bacaan Lainnya
banner 728x250

Telah diterbitkan undang-undang nomor 16 tahun 2019 tentang perubahan atas UU nomor 1 tahun 1974 tentang perkawinan. Salah satunya dipasal 7 yang berbunyi perkawinan hanya diizinkan apabila laki-laki dan perempuan sudah mencapai umur 19 tahun.

“Namun UU Perkawinan tetap mengatur izin pernikahan di bawah usia 19 tahun melalui pengajuan dispensasi nikah dibawah Pengadilan Agama (PA),” ujarnya saat lokakarya lintas sektoral yang diselenggarakan oleh UPT Puskesmas Rawat Inap Gadingrejo, Kamis (28/10).

Maka, bagi masyarakat yang masih dibawah umur 19 tahun harus mendapatkan dispensasi dari Pengadilan Agama (PA). Apabila pemohon belum bisa menunjukan dispensasi tersebut, maka KUA berhak menolak untuk tidak memproses pernikahannya.

Untuk itu pihaknya berharap seluruh stakeholder jajaran pemerintah pekon agar ikut bersinergi untuk gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat supaya mengetahui dan tetap mematuhi ketentuan batas minimal usia pernikahan.(rif/hin/rci)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *