200 Lebih Menu Tradisional Indonesia Tersedia di ‘Nggruput’

  • Whatsapp

radarcom.id – Pasar Jajanan Tradisional ‘Nggruput’ (Minggu Mruput) digelar di jalan menuju kompleks perkantoran Pemda Pringsewu setiap minggu pagi mulai pukul 06.00 – 10.00 WIB. Di ‘Nggruput’ bisa dijumpai berbagai makanan tradisional yang sehat, aman dan higienis. Selain itu juga ada kegiatan senam kebugaran dan senam lansia serta pertunjukan kesenian.

Perwakilan Panitia Sudar Elcostic mengungkapkan di ‘Nggruput’ terdapat 80 pedagang dengan menu tradisional khas Nusantara sampai 200 lebih menu makanan. Untuk menjamin makanan bebas bahan pengawet dan sejenisnya, Badan Pemeriksaan Obat dan Makanan (BPOM) Lampung telah melakukan uji secara berkala.

Bacaan Lainnya
banner 728x250

“Sejak awal kegiatan dimulai hingga sekarang sudah dilakukan 3 kali pemeriksaan oleh BPOM Lampung dan Alhamdulillah lulus semua. Itu artinya makanan yang dijual bebas dari bahan pewarna makanan, pemanis buatan, teruji, higienis, sehat dan aman untuk dikonsumsi,” ujarnya, Minggu (24/10).

Sudar Elcostic mengungkapkan ‘Nggruput’ merupakan ajang silaturahmi antar masyarakat. Disamping itu juga sarana untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang berjualan. “Semua pedagang yang berjualan di Nggruput tidak dipungut biaya pendaftaran,” ujarnya.

Dirinya mengatakan ‘Nggruput’ mengamanahkan Karang Taruna Surya Buana Mandiri Pekon Klaten Kecamatan Gadingrejo untuk menjaga parkir dan kebersihan.

Dimasa pandemi seperti sekarang ini, per kelompok pedagang menyediakan alat cuci tangan pakai sabun dan panitia selalu mengimbau pengunjung untuk selalu memakai masker.(rif/hin/rci)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *