Tim Mahasiswa UNS Sukses Luncurkan Prototipe Kapal Selam Tanpa Awak

  • Whatsapp
Kapal selam kelas Barracuda juga akan dilengkapi Torpedo berat F21 Artemis yang menetralisir kapal dan kapal selam musuh. Torpedo ini secara signifikan lebih unggul dari semua torpedo berat lainnya yang saat ini beroperasi yang memiliki kecepatan lebih dari 50 knot. Foto : DGA

radarcom.id – Tim robotik mahasiswa UNS yang tergabung dalam Bengawan UV Team meluncurkan tiga tiga buah prototipe kapal tanpa awak. Tiga kapal tanpa awak ini merupakan prototipe yang akan dilombakan pada Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional atau KKCTBN 2021.

Melansir Tempo.co, KKCTBN merupakan kompetisi yang digelar oleh Pusat Prestasi nasional atau Puspresnas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Bacaan Lainnya
banner 728x250

Dalam KKCTBN 2021, Bengawan UV Team UNS berhasil lolos dalam tiga kategori, yaitu divisi kapal selam (Autonomous Semi Submarine Surfance Vehicle/ASSV), divisi kapal patrol laut lepas (Electric Remote Control/ERC), dan divisi kapal patroli (Fuel Engine Remote Control/FERC).

Peluncuran tiga kapal tanpa awal ini berlangsung di Halaman Gedung Dr. Prakosa UNS, Senin 18 Oktober 2021 dan dihadiri Rektor UNS, Jamal Wiwoho dan Dekan Fakultas Teknik UNS, Sholihin As’ad.

Selain meluncurkan prototipe kapal tanpa awak, Tim Bengawan UV UNS juga merilis prototipe pesawat yang akan diikutkan dalam Kontes Robot Terbang Indonesia atau KRTI yang juga diselenggarakan oleh Puspresnas.

Tri Rahmaji, General Manager Bengawan UV mengatakan tim mereka harus melalui beberapa tahapan seleksi, yaitu tahap proposal, laporan progres dari perencanaan, keuangan, hingga uji performa kapal.

“Setelah itu baru diumumkan siapa saja yang berhak lolos ke nasional. Di final nanti ada 9 tim elektrik, 9 tim gasoline, dan 8 tim kapal selam,” imbuh Tri Rahmaji pada uns.ac.id.

Aji, sapaan akrab Tri Rahmaji, seluruh kategori yang diikuti oleh Bengawan UV UNS lolos pada tahap final. Pada masing-masing kategori terdapat 8-10 tim yang berhak turut serta pada tahap final.

Final dari KKCTBN akan digelar pada 21-24 Oktober 2021 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Juga untuk pelaksanaan final KRTI yang akan berlangsung di UNS November yang akan datang.  (tmp/rci)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *