BEI Sukses Berikan Edukasi, Kenaikan Jumlah Investor Lampung Naik Hingga 100 Persen

  • Whatsapp

radarcom.id — Kantor Perwakilan Lampung Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat pertumbuhan investor Lampung hingga Agustus 2021 mengalami peningkatan hingga 100 persen.

Terlihat Dari data yang dipaparkan total SID pada 2021 sudah mencapai 44.156 investor atau meningkat 21.730 investor dari target peningkatan 15.000 investor pada tahun 2021.

Bacaan Lainnya

Hendi Prayogi selaku Kepala Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Provinsi Lampung mengatakan peningkatan jumlah investor ini sejalan dengan peningkatan kegiatan edukasi pasar modal yang dilakukan selama tahun 2021.

“Peningkatan jumlah investor ini sejalan dengan kegiatan edukasi pasar modal baik secara online ataupun offline, terbukanya paradigma masyarakat tentang investasi saham semakin menarik minat untuk berinvestasi di pasar modal.

Untuk kegiatan edukasi pasar modal, lanjut hendi, per Agustus 2021 sudah dilakukan sebanyak 413 kegiatan. Hal ini menunjukan adanya peningkatan kegiatan edukasi setiap tahunnya,” ujarnya saat workshop media update secara virtual, Rabu (13/10/2021).

“Jika melihat flashback, peningkatan setiap tahun sangat signifikan. Dimulai dari tahun 2014 hanya 37 kegiatan, sampai saat ini bisa digelar hingga 400an kegiatan dalam setahun,” tambah Hendi.

Adanya kondisi pandemi COVID-19 juga tidak membuat BEI Lampung berhenti dalam melakukan edukasi. Dengan memanfaatkan media sosial dan pertemuan secara virtual, justru lebih menjangkau masyarakat lebih luas. Kegiatan edukasi yang dilakukan antara lain, Sekolah Pasar Modal (SPM), forum investasi, edukasi publik, galeri investasi dibeberapa Universitas dan adanya desa nabung saham yang merupakan bagian dari desa inklusi keuangan di Lampung Selatan dan Pesawaran yang digalakan bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Lampung.

Selanjutnya dalam menjaga eksistensi BEI Lampung juga berkontribusi ikut menyukseskan program Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2021. Diantaranya melalui kegiatan SPM untuk perangkat desa dan guru, kompetisi stocklab untuk pelajar SMA dan CSR untuk keluarga tenaga kesehatan yang gugur berjuang melawan pandemi COVID-19.

Dikutip dari data OJK Lampung, meski literasi dan inklusi pasar modal masih rendah tepatnya 4,92 persen dan 1,55 persen tetapi dari sisi transaksi Lampung berada diperingkat 9 dengan nilai transaksi mencapai Rp1,7 triliun setiap bulan.

“Hal ini tentu menjadi peluang tersendiri untuk BEI optimis untuk meningkatkan jumlah investor dalam upaya meningkatkan literasi dan inklusi pasar modal,” papar Hendi.

Dalam waktu dekar Bursa Efek Indonesia segera menggelar Capital Market Summit and Expo (CMSE) 2021. Waktu pembukaannya tinggal menghitung hari, tepatnya pada Kamis (14/10/2021).

“Acara ini terbuka untuk umum baik untuk calon investor ataupun masyarakat yang sekedar ingin mengetahui lebih banyak tentang produk dan layanan di pasar modal.
Sebenarnya mudah sekali, bagi calon peserta tinggal mendaftar nanti dengan mengisi form registrasi yang cukup sederhana melalui website yang kami sediakan, yaitu www.cmse.id,”papar Hendi.

Seluruh rangkaian acara dilakukan secara virtual, mengingat situasi pandemi covid 19 saat ini. Namun hal tersebut justru membukan peluang yang lebih luas kepada masyarakat yang ingin mengaksesnya.

“Kegiatan ini gratis, kami persembahkan bagi semuanya untuk calon investor dan juga masyarakat termasuk yang juga berada di luar negeri karena acara ini dilakukan secara virtual, jadi memungkinkan juga akses dari mana saja,” tutupnya. (hen/rci)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *