WhatsApp, Instagram, dan Facebook Down Bersamaan

  • Whatsapp
Illustasi

radarcom.id – Pengguna di seluruh dunia melaporkan tidak dapat mengakses Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Mengutip BleepingComputer, Senin (4/10/2021), hal ini terjadi karena adalah masalah pada DNS (Domain Name System).

Melansir liputan6, sejumlah pengguna disarankan untuk memeriksa apakah ada kesalahan ketik pada domain yang dimasukkan di bilah alamat.

Bacaan Lainnya
banner 728x250

“Situs ini tidak dapat dijangkau. Periksa apakah ada kesalahan ketik di facebook.com. Jika ejaannya benar, coba jalankan Windows Network Diagnostics,” demikian pesan yang muncul saat membuka laman Facebook.

Pengguna smartphone juga melaporkan bahwa aplikasi Facebook maupun Instagram tidak berfungsi, dan muncul tulisan “Silakan periksa koneksi internet Anda dan coba lagi nanti.”

Saat ini, situs .onion Facebook juga sedang down, menunjukkan kesalahan DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN yang sama seperti yang ditampilkan oleh situs web perusahaan.

Tidak diketahui apakah WhatsApp, Instagram, dan Facebook Down karena ada maintenance internal, masalah dengan server pada ketiga platform tersebut atau layanan mereka diserang.

Dalam pengujian BleepingComputer, server DNS Facebook, Instagram, dan WhatsApp tidak merespons, yang menunjukkan bahwa ini adalah kesalahan konfigurasi DNS atau masalah server.

WhatsApp, Facebook, dan Instagram down bersamaan, Senin malam (4/10/2021). Pantauan Tekno Liputan6.com di Twitter, masalah ini membuat keyword WhatsApp dan tagar Instagram Down jadi trending topic.

Hingga berita ini naik, ada lebih dari 1,23 juta cuitan yang menyinggung soal masalah WhatsApp dan lebih dari 86,6 ribu cuitan yang menautkan tagar Instagram Down.

Menurut situs Downdetector.com, masalah ini terjadi di sejumlah negara. Saat berita ini di naik, ada sekitar 60 ribu pengguna yang melaporkan Facebook bermasalah. Sedangkan untuk WhatsApp down ada sekitar 54 ribuan. (lip/rci)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *