HTML Image as link Qries

Ayo Ke OTM, Berwisata Sambil Belajar Ternak Lebah Madu

radarcom.id – Membeli madu dalam kemasan botol atau sachet tentu merupakan hal biasa dan jamak dilakukan banyak orang. Tetapi apa jadinya, jika kita membeli madu, namun kita sendiri yang langsung mengambilnya dari sarang lebah dan bahkan minum di tempat.

Inilah yang dapat dilakukan manakala kita membeli madu di OTM (Omah Tawon Mataram). Lokasi Wisata Edukasi OTM ini mudah dijangkau baik kendaraan roda dua maupun empat. Berada di kawasan perbukitan di pinggir aliran sungai Way Sekampung di wilayah Dusun Margoyoso, Pekon Mataram, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Lampung, jalur menuju lokasi juga cukup menantang dengan suguhan pemandangan hijau di lingkungan perkebunan kelapa hibrida. Dari komplek perkantoran Pusat Pemerintahan Kabupaten Pringsewu berjarak ± 5 km.

banner 300600

Wabup Pringsewu Dr.Fauzi saat mengunjungi OTM, Mataram, Rabu (29/9/21) didampingi anggota DPRD Pringsewu Anton Subagyo, Kadis Pertanian Pringsewu Siti Litawati, S.P., Kadis Ketahanan Pangan Ir.Iskandar Muda, Kadis Koperindag Bambang Suhermanu, S.Sos., Camat Gadingrejo Drs.Joko Hermanto dan Kapekon Mataram Rahmat Riyadi serta Ketua OTM Yuliantoro mengapresiasi serta mengaku bangga dengan keberadaan Omah Tawon Mataram ini.

Menurutnya, jika di suatu tempat terdapat rumah tawon atau lebah madu, itu menandakan bahwa kondisi alam dan lingkungan setempat masih bagus. Karena itu ia meminta bagaimana caranya agar tempat yang berpotensi menjadi andalan Pekon Mataram ini dapat dipertahankan.

Dr. Fauzi yang pada kesempatan tersebut juga melakukan penanaman pohon penghijauan dan menyerahkan sertifikat registrasi OTM,  juga mengajak masyarakat untuk berwisata sambil belajar beternak madu di Omah Tawon Mataram.

Terkait budidaya madini, Dr.Fauzi juga mengutip salah satu ayat dalam Al-Qur’an yakni  dalam Surah An-Nahl, yang menyebutkan ‘Dan Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah. Buatlah sarang di gunung-gunung, pohon-pohon, kayu, dan di tempat-tempat yang dibuat manusia’.

Dalam pada itu, anggota DPRD Pringsewu Anton Subagyo yang juga merupakan warga setempat mengharapkan dinas terkait dapat mengusulkan untuk dapat dibangun Jalan Usaha Tani menuju lokasi OTM melalui APBD, dimana DPRD Pringsewu siap untuk mengawal.

Sementara itu, Ketua OTM Yuliantoro, mengatakan destinasi wisata edukasi yang menempati areal seluas 1 hektar dan berpotensi untuk terus dikembangkan ini diinisiasi oleh kelompok pembudidaya lebah madu klanceng pekon setempat.

Ia berharap Pemkab Pringsewu melalui dinas terkait dapat memberikan pembinaan sekaligus pendampingan untuk pengembangan wisata edukasi Omah Tawon Mataram kedepan.  (rci/rci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *