Dirgahayu Lampung Barat Ke-30, Semakin Tangguh, Rakyat Sejahtera

Apriyan Sucipto, SH, MH.

Topografi Wilayah, Pegunungan dan Lereng Perbukitan, serta dikelilingi 70% Kawasan Hutan, ada Hutan Konservasi Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, serta Hutan Lindung dan Swaka Margasatwa, merupakan Potensi dan daya tarik tersendiri.

Kabupaten Lampung Barat, merupakan Hulu dari 3 Aliran Sungai (DAS) di Lampung, yakni DAS Semaka, DAS Tulang Bawang, dan DAS Musi (Danau Ranau).

Bacaan Lainnya
banner 728x250

Kabupaten berbasis Konservasi, Kenapa harus berbasis Konservasi, karena Wilayah Administratif Pemkab Lampung Barat, hanya 30% sisa nya, dikelilingi oleh Kawasan Hutan. Konservasi adalah Upaya pengelolaan sumberdaya alam dengan arif dan bijaksana, yang meliputi tindakan pemanfaatan secara berkelanjutan, perlindungan sistem penyangga kehidupan, serta pengawetan keanekaragaman hayati secara Simultan.

Sayangnya, penetapan Kabupaten Konservasi hanya tertuang dalam Peraturan Bupati Nomor 48 Tahun 2009, seandainya dimungkinkan, sebagai saran dan masukan Dasar Penetapan Kabupaten berbasis Konservasi ditingkatkan menjadi Peraturan Daerah.

Potensi dan Kekayaan Ekosistem Alam Lampung Barat harus tetap terpelihara dan terjaga, Masyarakat Desa Penyangga Sejahtera, Kawasan Hutan Harus Lestari.

Selamat Hari Ulang Tahun Kabupaten Lampung Barat ke 30 .
Salam Konservasi. (*)

 

Oleh: Apriyan Sucipto, SH, MH

Pemerhati Sosial

banner 728x250

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *