Suhendra Yusuf Ratuprawiranegara, Putera Lampung Siap Majukan DAHANA Salah Satu BUMN Industri Strategis RI

  • Whatsapp

Salah satu putera terbaik Provinsi Lampung menduduki jabatan strategis di salah satu BUMN Pertahanan RI.

Adalah putera Lampung asli Lampung Utara Ir. Suhendra Yusuf Ratuprawiranegara, M.Ikom., siap memajukan PT DAHANA (Persero) sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) industri pertahanan yang menawarkan layanan bahan peledak yang terpadu untuk sektor Migas, Pertambangan Umum, Kuari dan Konstruksi, serta sektor Pertahanan. Suhendra Yusuf menduduki jabatan sebagai Direktur Teknologi dan Pengembangan DAHANA dan dilantik di Jakarta pada Rabu, 4 Agustus 2021 lalu.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan penelusuran redaksi, Sosok Suhendra Yusuf Ratuprawiranegara tak diragukan lagi dalam hal kapasitas dan kapabilitasnya di bidang teknologi termasuk infrastruktur. Alumnus Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dan S-2 Universitas Jaya Baya Jakarta itu sudah lama terjun di dunia infrastruktur RI. Diantaranya menjabat Staf Khusus Menteri PUPR (2015-2018) dan menginisiasi Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Termasuk menelaah Jembatan Selat Sunda (JSS) Baca artikel :  https://radarcom.id/2018/10/15/nasib-jembatan-jawa-sumatera-jembatan-selat-sunda-kini/

Kini, Suhendra Yusuf Ratuprawiranegara mengemban amanah sebagai Direktur Teknologi dan Pengembangan DAHANA sesuai dengan surat Keputusan Menteri Negara BUMN selaku Rapat Umum Pemegang Saham Nomor:  SK- 257/MBU/08/2021 tanggal 4 Agustus 2021 tentang pemberhentian, perubahan nomenklatur jabatan, pengalihan tugas, dan pengangkatan anggota-anggota direksi perusahaan perseroan (Persero) PT DAHANA.

“Selamat bertugas, Semoga sukses mengemban amanah membawa DAHANAmenjadi industri nasional terunggul dalam bidang bahan berenergi tinggi”

Dalam penyampaiannya, Bayu Anggoro, selaku Plh. Sekretaris Perusahaan PT DAHANA (Persero) menyatakan perusahaan menyampaikan terima kasih atas dedikasi dan sumbangsih yang diberikan selama bertugas memangku jabatan Direksi. Dan kepada anggota Direksi yang baru perusahaan berharap dapat menjalankan tugasnya dalam mendukung kemajuan perusahaan.

“Hari ini kami telah menerima pergantian direksi PT DAHANA yang baru. Kami menyampaikan terima kasih atas bakti, dedikasi, dan kontribusi Bapak Budi Antono dan Bapak Asmorohadi untuk DAHANA selama ini. Kami juga mengucapkan selamat datang dan siap bekerja bersama dengan harapan bergabungnya direksi yang baru akan semakin meningkatkan kinerja perusahaan dalam mendukung rencana pemegang saham dalam proses Holding Industri Pertahanan,” ungkap Bayu usai pelantikan Direksi baru DAHANA pada (4/8) lalu.

 

Sejarah Singkat DAHANA

Berkantor pusat di Subang, DAHANA telah berpengalaman lebih dari 50 tahun dan didukung oleh fasilitas lengkap Energetic Material Center, teknologi terkini dan SDM yang terbaik.

PT DAHANA (Persero) atau “DAHANA” adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang industri strategis yang menyediakan layanan bahan peledak terpadu untuk sektor Migas, Pertambangan Umum, Kuari dan Konstruksi serta untuk Pertahanan.

Sejarah DAHANA sebagai pionir di industri ini berawal dari proyek Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) pada tahun 1966 yang dikenal dengan Proyek Menang, berlokasi di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kemudian, pada tahun 1973 secara resmi menjadi Perusahaan Umum DAHANA berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 36/1973 sebelum ditetapkan sebagai Perusahaan Perseroan pada tahun 1991.

Lini Bisnis DAHANA terus berkembang mencakup: Explosives Manufacturing, Drilling & Blasting, Related Services, dan Defence Related untuk pelanggan di seluruh Indonesia dan dunia.

Barang dan jasa DAHANA digunakan setiap hari oleh berbagai industri di Indonesia, dari sektor pertambangan umum, baik logam, mineral maupun batubara; sektor kuari dan konstruksi seperti industri semen, aspal dan penggalian batu andesit; proyek konstruksi seperti dam, terowongan, irigasi, penghancuran gedung-gedung tua, pendalaman pelabuhan; sektor minyak dan gas seperti operasi perforasi casing sumur minyak, operasi seismik; dan juga operasi militer.

Sebagai pionir di industri peledakan dengan reputasi terpercaya sebagai produsen bahan peledak dan penyedia jasa peledakan menyeluruh, DAHANA memenuhi seluruh kebutuhan tahapan proses peledakan.

Dalam era lahir kembali, DAHANA saat ini ingin melayani negeri lebih baik dari sebelumnya dan menjadi mitra pemerintah dalam pengembangan industri pertahanan di tanah air. (rci/rci)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *