Naiknya Kekebalan Masyarakat Bisa Jadi Tanda Pandemi COVID-19 Berubah jadi Endemi

  • Whatsapp
Ilustrasi Menggunakan Masker. ©Freepik

radarcom.id – Pandemi COVID-19 dianggap akan segera mengalami perubahan menjadi endemi. Hal ini ditandai dengan meningkatnya kekebalan masyarakat terutama ketika vaksinasi COVID-19 telah dijalani oleh 70 persen populasi penduduk suatu negara.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menerangkan, endemi dapat digambarkan sebagai sebuah situasi ketika kondisi kasus COVID-19 lebih terkendali. Prediksi pandemi COVID-19 dari survei yang dilakukan oleh Nature terhadap 100 ahli imunologi, virologi, dan peneliti penyakit menular. 89 Persen di antaranya sepakat, virus Corona COVID-19 akan tetap hidup bersama dengan kita sebagai sebuah endemi.

Bacaan Lainnya

“Namun, bukan berarti virus hilang sepenuhnya. Hal-hal yang dapat mengindikasikan pandemi telah bertransisi menjadi endemi, jika kekebalan masyarakat meningkat terhadap virus,” terang Wiku beberapa waktu lalu dilansir dari merdeka.com.

“Ini seiring dengan akselerasi vaksinasi maupun infeksi alamiah. Sehingga angka perawatan dan kematian pun menurun,” sambungnya.

Harapan COVID-19 Jadi Endemi dapat Segera Tercapai

Untuk mencapai endemi COVID-19, pemerintah dan seluruh elemen masyarakat perlu bekerja sama. Kebijakan pemerintah, seperti pembatasan mobilitas dan program vaksinasi COVID-19 dapat didukung masyarakat.

Walau begitu, Wiku Adisasmito tidak menyebut secara pasti kapan pandemi COVID-19 di Indonesia dapat tercapai.

“Dengan instrumen pengendalian saat ini berupa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, jaga jarak), 3T (testing, tracing, treatment), dan vaksinasi di tiap kabupaten kota, diharapkan kondisi tersebut (endemi) segera tercapai,” jelasnya.

“Tentu dengan syarat, kolaborasi pemerintah dan masyarakat harus bisa mensukseskan kebijakan yang telah ada, agar efektif dan signifikan hasilnya,” tandasnya. (mdk/rci)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *