12 Sayuran Rendah Gula, Cocok untuk Menu Diet

  • Whatsapp
Berikut jenis sayuran yang rendah gula dan kalori yang membantu mempercepat penurunan berat badan sekaligus bermanfaat untuk kesehatan. (Foto: istockphoto/fcafotodigital)

radarcom.id – Sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang banyak dikonsumsi ketika diet. Bahan pangan nabati ini dinilai memiliki nutrisi cukup seperti serat, vitamin, hingga mineral.

Melansir cnnindonesia.com, selain bernutrisi, jenis sayuran rendah gula juga cenderung lebih aman konsumsi dibanding buah-buahan yang umumnya mengandung karbohidrat tinggi dari gulanya.

Bacaan Lainnya

Dengan begitu, memasukkan aneka sayuran ke daftar menu diet tentu bisa membantu proses menurunkan berat badan sekaligus menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari penyakit.

Dilansir dari laman Healthline, berikut jenis sayuran yang rendah kalori dan bisa Anda nikmati setiap hari.

1. Mentimun

Mentimun memiliki karbohidrat yang relatif rendah. Dalam 100 gram mentimun hanya memiliki sekitar 2,16 gram karbohidrat.

Mentimun juga mengandungan banyak air dan serat larut yang menjaga tubuh tetap terhidrasi, membantu turunkan berat badan, serta bermanfaat untuk kulit, otot, dan sendi.

2. Selada

Kalori yang rendah pada selada menjadikannya sayuran yang cocok untuk diet. Selada hanya mengandung 2,97 gram karbohidrat per 100 gramnya.

Salah satu nutrisi di dalam selada yaitu lactucarium bersifat memberi efek baik untuk meningkatkan kualitas tidur lebih nyenyak.

3. Seledri

Kalori seledri hampir sama dengan selada. Kandungan air pada seledri juga cukup tinggi dan bisa mencegah dehidrasi.

Tingginya air dan elektrolit pada seledri membantu mengurangi kembung, sedangkan kandungan phthalides dalam seledri mampu menurunkan kadar kolesterol.

4. Jamur tiram

Sayuran rendah gula berikutnya yaitu jamur tiram putih hanya 3,26 gram. Selain bebas lemak dan kolesterol, jenis jamur ini bebas gluten, tinggi kalsium, serat, dan asam amino esensial.

Jamur tiram putih juga kaya protein, karbohidrat nonpati, serat makanan, mineral, vitamin B, dan nyaris bebas lemak yang kesemuanya dibutuhkan oleh tubuh.

5. Bayam

Tak hanya diolah sebagai menu sayur bening, sayuran berdaun hijau ini juga bisa dijadikan campuran smoothie, jus, atau omelet karena karbohidratnya sekitar 3,63 gram.

Bayam juga menawarkan beragam vitamin dan mineral termasuk folat, riboflavin, vitamin B6, magnesium, dan serat yang mengoptimalkan penurunan berat badan.

 

6. Brokoli

Brokoli yang termasuk sayuran cruciferous yang mengandung 4,04 gram karbohidrat per 100 gram. Di dalamnya memuat fitokimia yaitu zat yang berpotensi untuk memecah lemak, terutama di daerah perut.
Selain itu, brokoli kaya kandungan serat yang melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, mengontrol gula darah, serta menekan keinginan makan berlebihan.

7. Paprika

Paprika sayuran serbaguna ini memang cocok dicampur ke menu makanan diet harian Anda karena rendah gula, serta kaya serat.

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan capsaicin pada paprika dapat meningkatkan metabolisme yang bisa membantu membakar lemak-lemak di perut.

8. Asparagus

Satu batang asparagus memuat 4 kalori, sehingga seringkali masuk ke daftar menu diet. Tak hanya itu, asparagus juga tinggi serat dan air yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

Merujuk NDTV, asparagus mengandung zat kimia asparagin yang bekerja langsung pada sel dan membantu memecah lemak.

9. Kecambah

Sayur kecambah yang identik dalam makanan pecel atau rawon ternyata juga rendah kalori, bahkan sama sekali tidak berlemak. Sedangkan vitamin dan mineralnya cukup tinggi sehingga baik untuk tubuh.

Kecambah termasuk sayuran yang direkomendasikan sebagai menu diet karena memberikan rasa kenyang yang tahan lama dan menekan nafsu makan berlebih.

10. Lobak

Lobak yang masih keluarga dengan kubis ini memiliki 3,4 gram karbohidrat namun tinggi serat sehingga membuatnya mudah dicerna, pun setelah dikonsumsi bisa memberi efek mengenyangkan bagi perut.

Lobak juga merupakan sumber vitamin B6, magnesium, riboflavin, kalsium, dan mengandung banyak air yang menjadikannya pilihan sayuran yang baik untuk diet.

11. Kembang kol

Per 100 gram kembang kol hanya mempunyai sekitar 2,97 g karbohidrat serta bebas lemak. Kol dapat diolah menjadi panganan pengganti nasi sebab teksturnya yang serupa namun dengan kalori cukup rendah.

Selain itu, vitamin C pada kembang kol menjadi elemen kunci untuk membantu pembakaran lemak selama menjalankan aktivitas fisik.

12. Kale

Sayuran rendah gula berikutnya yaitu daun kale. Tak hanya bebas kalori, kale memiliki nutrisi penting serta baik bagi tubuh seperti vitamin A, B6 ,C, K, kalsium, kalium dan magnesium.

(avd/fef)

(cnnindonesia.com/rci)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *