STOP…!!! Sudah Saatnya, Menyatakan Tidak Bangga memiliki dan menyimpan Bagian Tubuh dari Hewan Gajah

  • Whatsapp

Sobat Hijau, apakah kalian tau, di Indonesia, terdapat 2 subspesies gajah yakni Elephas maximus sumatranus yang penyebarannya berada di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Riau Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, dan Lampung. Lalu, Elephas maximus borneonsis atau gajah pigmy yang penyebarannya di wilayah Kalimantan Timur.

Menurut UU No 5 Tahun 1990, gajah merupakan satwa liar dilindungi. Satwa itu juga masuk ke dalam list appendix 1 CITES (konvensi tentang perdagangan satwa liar).

Bacaan Lainnya

Gajah ditemukan di 13 negara di Asia. Total populasinya di alam liar kurang dari 50.000, dan hampir 60% berada di India, sisanya tersebar di berberapa negara antara mulai dari Afrika sampai ke Negara Republik Indonesia.

Lembaga International Union for Conservation of Nature (IUCN) meggolongkan gajah Asia sebagai hewan yang terancam punah.

Gajah betina Asia tak memiliki Gading, berbeda dengan Gajah yg ada di Afrika

Namun kini mereka juga terancam karena yang diburu adalah kulit mereka.”Perburuan kulit ini tak pilih-pilih, berdampak terhadap gajah perempuan dan anak-anak. Penting sekali untuk sadar dampak perburuan kulit dan daging ini lebih besar daripada perburuan gading.

Peneliti dari Elephant Family menemukan pedagang di Myanmar menjual kulit gajah US$108 (sekitar Rp1,5 juta) per kilogram. Di kota Guangzhou di China, harganya US$200 (Rp2,8 juta), tetapi harga daringnya bisa sampai US$285 (Rp4 juta). Manik-manik berkualitas tinggi yang dibuat dari kulit gajah bisa mencapai US$32 (Rp454.000) per gram. Harga-harga ini bisa mendorong terus permintaan terhadap kulit gajah, gading Gajah dan bagian bagian tubuh Gajah yang bisa membahayakan populasi hewan Gajah ini.

Sobat hijau, tau kah kamu . . perdagangan kulit gajah ini merupakan ancaman besar terhadap populasi hewan yang sudah rentan ini.

“Jika ini terus meningkat, gajah liar Asia bisa segera punah di separuh dari wilayah populasi mereka ”

Sobat Hijau, dalam rangka Memperingati Global Elephants Day ( G- Day) mengajak Sahabat hijau dan Masyarakat Indonesia, untuk bersama berperan aktif . Menjaga dan melestarikan Hewan Gajah, dengan berbagai kegiatan positif, mengingat jumlah Populasi Hewan Gajah, yang setiap hari semakin menurun.

*#GlobalElephantDay_2021*

Apriyan Sucipto, SH, MH

Pemerhati Sosial

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *