Ikuti Jejak Wabup Fauzi, Warga Pringsewu Donorkan Plasma Konvalesen

  • Whatsapp

radarcom.id – Wakil Bupati Pringsewu Dr. Fauzi, kembali memanggil warga Bumi Jejama Secancanan, yang telah sembuh dari Covid-19 untuk menyedekahkan plasma konvalesen, bagi menolong orang-orang yang terpapar Covid-19.

Dr. Fauzi yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pringsewu, saat mendampingi para pendonor plasma konvalesen, diantaranya Koordinator Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Kabupaten Pringsewu Muhammad Ridwan dan Jefri Kikim, warga Kecamatan Pringsewu, didampingi Duta Donor Darah Provinsi Lampung Hardyanto Luke Silalahi di PMI Provinsi Lampung di Bandar Lampung, Jumat (23/7/21), mengatakan bagi warga Pringsewu yang lain, yang juga terpanggil untuk mendonorkan plasma konvalesen, dapat menghubungi PMI Kabupaten Pringsewu, dimana pihaknya akan memberikan fasilitas antar-jemput untuk proses donor ke PMI Provinsi Lampung.

Bacaan Lainnya

“Bahkan, bagi warga Pringsewu yang mendonorkan plasma konvalesen akan diberikan bantuan Rp 250 ribu per-orang,” katanya.

Namun demikian, mereka yang dapat menjadi pendonor plasma konvalesen ini harus memenuhi beberapa kriteria, diantaranya status kesembuhannya paling cepat 2 minggu dan paling lama 6 bulan sejak dinyatakan sembuh dari Covid-19. Kemudian yang utama adalah pria, akan tetapi jika pendonor seorang wanita, dipastikan belum pernah hamil.

“Serta dalam kondisi yang betul-betul sehat yang dibuktikan dengan hasil pemeriksaan dokter secara komprehensif. Kemudian perlu diketahui bahwa untuk donor plasma konvalesen ini bisa dilakukan secara berulang dengan jarak waktu dua minggu dari saat melakukan donor yang pertama,” jelasnya.

Dengan pemberian plasma konvalesen, yakni plasma darah yang diambil dari penyintas Covid-19 yang di dalamnya terdapat antibodi terhadap virus Covid-19, lanjut Fauzi, pasien penerima plasma bisa mendapat kekebalan secara instan sehingga dapat mempercepat penyembuhan Covid-19. (rls/Iis)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *