Tiga Obat Sakit Kepala Alami yang Ada di Rumah

  • Whatsapp
Illustrasi

radarcom.id – Sakit kepala merupakan hal yang sering terjadi pada kebanyakan orang. Jika sudah begitu, maka obat sakit kepala harus dikonsumsi untuk menghilangkan rasa sakitnya.

Melansir Tempo.co, terdapat berbagai macam obat yang dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala. Namun, ketika tak sempat keluar rumah untuk membeli obat, maka obat alami sakit kepala alami di rumah dapat digunakan.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari laman Healthline, Kamis 4 Juli 2021, berikut ini adalah beberapa obat sakit kepala alami yang dapat dicoba.

1. Jahe

Tanaman tropis yang tumbuh di Asia ini telah digunakan dalam pengobatan herbal di Cina selama lebih dari 2.000 tahun. Jahe juga populer dalam obat-obatan nusantara, India, dan Arab sejak zaman dahulu. Secara tradisional, jahe digunakan untuk mengatasi sakit kepala, sakit perut, mual, radang sendi, gejala pilek atau flu, serta masalah neurologis.

Sebuah penelitian yang diterbitkan Phytotherapy Research menunjukkan bahwa jahe sebanding dengan sumatriptan, obat migraine resep umum, tetapi dengan efek samping yang lebih kecil. Jahe dapat dikonsumsi dengan membuatnya menjadi wedang jahe.

2. Kafein

Teh berkafein menjadi umum digunakan di Cina selama Dinasti Ming berkuasa dan populer dikonsumsi di Eropa selama abad 18 dan 19. Teh hijau telah digunakan dan dikombinasikan dengan herbal lain untuk nyeri migrain dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Pada banyak budaya, mengonsumsi kafein dapat membantu mengobati sakit kepala, sakit perut, masalah peredaran darah, peradangan, kanker, dan penyakit ginjal.

3. Makanan Mengandung Omega-3

Sebuah studi yang diterbitkan Nutritional Neuroscience pada 2018 menemukan bahwa konsumsi asam lemak omega-3 dapat mengurangi durasi serangan migrain sekitar tiga setengah jam meskipun tidak berpengaruh pada tingkat keparahan serangan. Asam lemak omega-3 adalah asam lemak esensial yang dibutuhkan tubuh, namun tidak diproduksi oleh tubuh sehingga harus dikonsumsi melalui makanan.

Memakan makanan yang mengandung Omega-3 dipercaya dapat bermanfaat bagi penderita migrain. Beberapa makanan yang mengandung asam lemak omega-3 adalah telur, ikan salmon, ikancod, ikan tuna, kenari, dan biji rami. (tmp/rci)

 

LIHAT SUMBER BERITA

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *