Dr. H. Fauzi, Dukung Ajakan Ketua PMI Lampung Donor Darah Plasma Konvalesen

  • Whatsapp

radarcom.id – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pringsewu Dr. H. Fauzi mendukung ajakan Ketua PMI Lampung Hj. Riana Sari Arinal yang menggaungkan ajakan masyarakat untuk melakukan Donor Darah Plasma Konvalesen.

Menurut Fauzi, makin tingginya masyarakat yang terpapar covid-19 dan angka kematian yang disebabkan virus covid – 19 maka ajakan ketua PMI Lampung, Hj. Riana Sari Arinal perlu kita dukung khususnya di Kabupaten Pringsewu dan perlu kita sosialisasikan karena untuk meningkatkan kepedulian dan rasa kemanusiaan menolong sesama manusia karena dengan mendonorkan setetes darah dapat menyelamatkan nyawa manusia dan hal ini merupakan sedekah yang tak ternilai harganya.

Bacaan Lainnya

Fauzi juga meminta kepada pengurus dan anggota PMI Kabupaten Pringsewu untuk mensosialisasikan serta mendata golongan darah bagi warga di Kabupaten Pringsewu yang sembuh dari Covid – 19.

Fauzi menjelaskan, Plasma Konvalesen adalah plasma yang diambil dari pasien yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Plasma adalah bagian dari darah yang mengandung antibodi. Pasien yang telah sembuh dari Covid-19 diharapkan telah memiliki antibodi sebagai perlawanan sistem imun terhadap virus SARS-CoV-2. Maka pasien yang terpapar covid -19 perlu terapi plasma konvalesen.

Terapi yang dilakukan dengan mendonorkan plasma orang yang telah sembuh dari Covid-19 kepada pasien yang masih terinfeksi.

Hal ini dilakukan dengan harapan akan membantu antibodi pada tubuh pasien yang masih sakit. Sehingga terapi ini mampu mencegah penyakit berkembang lebih parah dan mempercepat waktu penyembuhan.

Siapa saja yang bisa menerima terapi plasma konvalesen? Terapi ini telah mendapat persetujuan Emergency Use Authorization (EUA) dan Food and Drug Administration (FDA). Penggunaan terapi ini direkomendasikan untuk beberapa pasien yang dirawat di rumah sakit dengan gejala sedang hingga berat.

“Selain itu, terapi ini juga baik diberikan pada pasien pada tahap awal penyakit dan pada pasien yang memiliki sistem imun yang lemah,” terang Fauzi yang juga Wakil Bupati Pringsewu. (ndy/rci)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *