Pangeran Alprinse Syah Pernong, Terdidik Pemberani dan Belajar dari Raja-raja Nusantara

Pangeran Alprinse Syah Pernong berfoto bersama Sultan Ternate Ke-48 Sultan Mudaffar Syah bin Sultan Iskandar Muhammad Djabir Syah di Istana Ternate pada 2013 lalu. Foto Istimewa

radarcom.id – Putera Mahkota Kepaksian Pernong Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Pangeran Alprinse Syah Pernong terdidik sebagai generasi unggul sejak muda. Bahkan di usia belia, Pangeran yang fasih berbahasa Inggris dan jago bela diri karate ini pun sudah sering tampil dalam kesempatan terhormat bersama raja-raja nusantara.

Dalam kesempatan bersilaturahmi bersama para raja dari penjuru nusantara itu, putera dari Saibatin Puniakan Dalon Beliau (SPDB) Pangerab Edward Syah Pernong, S.H., M.H., Sultan Sekala Brak Kepaksian Pernong Yang Dipertuan Ke-23 itu pun berkesempatan menimba ilmu dan belajar dari para raja-raja tersebut.

Salah satu kenangan Pangeran Alprinse adalah bersama Sultan Sultan Ternate Ke-48 yakni Sultan Mudaffar Syah bin Sultan Iskandar Muhammad Djabir Syah di Istana Ternate.

Kenangan bersejarah bagi Pangeran Alprinse Syah Pernong bin Sultan Pangeran Edward Syah Pernong foto bersama Sultan Mudaffar Syah bin Sultan Iskandar Muhammad Djabir Syah itu menunjukkan diusianya yang masih kecil, pewaris tahta Kepaksian Pernong ini telah diajarkan oleh Akan Dalomnya (ayahandanya) untuk berani tampil diberbagai kesempatan terhormat bersama raja-raja di Nusantara, bersilaturahmi sambil melihat dan belajar bagaimana para Sultan di nusantara membina masyarakat dan adat istiadat.

Sehingga kelak ketika Pangeran Alprinse telah di”tettah”kan menjadi Sultan / Sai Batin Kepaksian, ia akan mampu meneruskan amanah leluhurnya, melanjutkan jejak ayahandanya, membina dan memajukan masyarakat dan adat istiadatnya, membawa nama baik Sekala Brak khususnya dan Lampung pada umumnya.

Pangeran Alprinse dan Sang Ayahanda Sultan Sekala Brak ke-23 SPDB Pangeran Edward Syah Pernong. Foto Istimewa
Sultan Sepuh (kanan) saat bersama Putera Mahkota Kerajaan Sekala Brak Pangeran Alprinse Syapernong dalam sebuah kesempatan. Foto dok. Kerajaan Adat Sekala Brak for radarcom.id
Sultan Sepuh (kanan) saat bersama Putera Mahkota Kerajaan Sekala Brak Pangeran Alprinse Syapernong dalam sebuah kesempatan. Foto dok. Kerajaan Adat Sekala Brak for radarcom.id 
Pangeran Alprinse berfoto bersama saat menghadiri undangan Presiden Joko Widodo dalam upacara peringatan HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI. (foto: Dok)

Informasi yang dihimpun media, foto tersebut diambil tahun 2013, saat Almarhum Yang Mulia Sultan Mudaffarsyah menggelar upacara adat di Istananya di Ternate, kala itu Sai Batin Kepaksian Pernong Sultan Edward Syah Pernong bersama Putra Mahkota Pangeran Alprinse Syah Pernong datang menghadiri undangan bersama para Raja lainnya.

Sultan Mudaffarsyah adalah Sultan Kesultanan Ternate ke-48, memerintah 1975 – 2015. Selain itu dia juga merupakan anggota DPD RI asal Provinsi Maluku Utara. Beliau lahir di Dufa-Dufa, Ternate, Maluku Utara, 13 April 1935 dan beliau wafat di Jakarta, 19 Februari 2015 pada umur 79 tahun. (rci/rci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.