BPOM dan Diskoperindag Lakukan Pengawasan Makanan di Pringsewu, Ini Hasilnya

  • Whatsapp

radarcom.id – BPOM Lampung bersama Dinas Koperindag dan OPD Pemkab Pringsewu melakukan pengawasan keamanan pangan di sejumlah pasar dan Minimarket di wilayah Kabupaten Pringsewu, Senin(3/5/2021).

Kepala BPOM Lampung Sukriadi Darma memgatakan bahwa hari ini ada beberapa tempat untuk dilakukan pengawasan terhadap pangan dalam menjelang hari raya Idul Fitri 2021.

Bacaan Lainnya

“Adapun tempat yang dilakukan pengawasan di Pasar Pringsewu, Gudang pembekuan daging di Fajaresuk, Mall Chandra, Indomart, Alfamart,” kata Sukriadi Darma.

Ketika di Pasar Pringsewu, kata Sukriadi, melakukan tes Sempel beberapa produk-produk pangan seperti sirup, daging, tahu dan bakso.

“Hasil dari 26 sempel yang sudah dilakukan uji Sempel di mobil laboratorium tidak ditemukan bahan pangan yang berbahaya,” ujarnya.

Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat Pringsewu terhindar dari produk berbahaya yang bisa membahayakan.

“Jika ada hal yang menjadi masalah di bagian pangan, kita akan berkoordinasi dengan Pemda Pringsewu,” ucapnya.

Selanjutnya, saat melakukan pengawasan di Mal Chandra Pringsewu menemukan beberapa produk pangan industri rumah tangga(PIRT)yang di buat di Bandar Lampung dan di temukan Produk PIRT ini nomornya 1 untuk berbagai produk sehingga itu tidak di izinkan.

“Ratusan makanan home industri yang tidak memiliki sertifikat izin pangan industri rumah tangga di Chandra Pringsewu di turunkan dari rak pajangan,” paparnya.

“Jadi, semua produk harus ada izinnya dan itu izinya di Bandar Lampung,” jelas Sukriadi Darma.

Sukriadi mengungkapkan bahwa menemukan produk impor yang di kemas kembali dan tidak masuk database BPOM.

“Nomor edarnya masih harus perlu di verifikasi. Artinya masih di anggap belum terdaftar tentu ini akan berkoordinasi dengan Pemda Pringsewu untuk melakukan pengamanan,” pungkasnya. (hin/rci)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *