Wabup Pringsewu Ikuti Webinar Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau untuk Pengoptimalan Kesehatan Masyarakat

  • Whatsapp

radarcom.id – Wakil Bupati Pringsewu DR. H. Fauzi, SE, M.Kom., Air., CA, CMA mengikuti kegiatan Webinar bertema ‘Penyamaan Persepsi Tentang Peluang dan Masalah Pajak Rokok Daerah serta Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau Untuk Mengoptimalkan Upaya Kesehatan Masyarakat’.

Mendampingi Wakil Bupati di Ruang Rapat Bupati Pringsewu, Kamis (29/4/21), yakni Sekretaris Bappeda Pringsewu serta dari BPKAD.

Bacaan Lainnya

Webinar yang dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono ini menghadirkan narasumber diantaranya Ketua Umum Komite Nasional Pengendalian Tembakau Prof.DR.Hasbullah Thabrany, M.Ph.

Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono¬† dalam sambutannya mengatakan jumlah perokok di Indonesia mencapai 65,87 juta, dimana Indonesia menempati urutan ketiga di dunia dengan jumlah perokok berusia di atas 10 tahun. “Banyaknya jumlah perokok ini berdampak pada beban pembiayaan kesehatan,” katanya.

Kaitan hal tersebut, Kemenkes memiliki peran pengawalan dengan mengeluarkan berbagai regulasi. Wamenkes juga berpesan kepada pemerintah daerah untuk mengalokasikan dana bagi hasil cukai hasil tembakau dengan sebaik-baiknya, membuat program kerja yang efektif, serta meningkatkan kualitas dan kuantitas kampanye kesehatan.

Sementara itu, Ketua Umum Komite Nasional Pengendalian Tembakau Prof.DR.Hasbullah Thabrany, M.Ph. dalam salah satu paparannya mengungkapkan bahwa daya saing sistem kesehatan Indonesia berada di urutan 95 di dunia, kemudian untuk Indeks Pembangunan Manusia (Sehat Sejahtera) berada di urutan ke-107 dari 189 negara. Sedangkan daya saing ekonomi berada di urutan ke-50. “Yang menentukan daya saing dan tingkat kesejahteraan suatu negara, sesungguhnya bukanlah sumber alam, akan tetapi yang menentukan adalah kualitas manusianya,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *