Survey Batimetri

  • Whatsapp

Survey batimetri adalah kegiatan pemetaan air, pengumpulan data, kondisi perairan.

Data pemeruman kemudian diolah, dievaluasi dan disajikan dalam bentuk buku, peta laut serta informasi mengenai kelautan lainnya. Produk ini selanjutnya digunakan untuk kepentingan pembangunan dan sebagainya. Ruang lingkup survey hidrografi tentunya berada di perairan, sungai, waduk, pantai, laut, baik permukaan maupun dasar laut.

Bacaan Lainnya

Survey ini bertujuan untuk mendapatkan data suatu kedalaman ataupun topografi dasar laut, termasuk lokasi dan luasan obyek-obyek di dalamnya. Survey batimetri menggunakan metode akustik biasanya menggunakan alat echosounder. Akuisisi data menggunakan GPS Garmin 585 yang dilengkapi dengan sensor Echosounder. Alat ini mampu merekam data mulai kedalaman 1m hingga 500m. waktu perekaman dapat disetting sesuai dengan speed, kebutuhan, dan kondisi di lapangan.

Peta Batimetri, adalah Peta Kontur di Bawah Perairan. Mengukur Kedalaman, dan Potensi yg ada dibawah air. Peta Batimetri digunakan sebagai bahan kajian untuk program kegiatan dan kebijakan tentang perlakuan terhadap Alam.

Peta hasil survey batimetri yang disajikan dalam bentuk layout peta yang didalamnya dapat terbaca jelas kontur minor dan mayor. hasil foto udara dalam bentuk orthofoto sebagai peta update yang sesuai dengan kondisi terkini.

Alat yang dipakai untuk melakukan kegiatan Pemetaan Batimetri adalah GPS merk Garmin seri 585 yang memiliki fungsi export maupun import data lokasi, kedalaman, dan lain sebagainya. Oleh karna itu biasanya tipe ini sering kami gunakan untuk menentukan kedalaman air, posisi lokasi setiap kedalaman air. Yang mana untuk hasilnya sendiri dapat diolah untuk berbagai macam aplikasi. (*)

Apriyan Sucipto, SH, MH
(Pemerhati Lingkungan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *