Tak Malu Nyambi Jadi Petani Sayuran, ASN Pringsewu Ini Bisa Raup Puluhan Juta Perbulan

Eko Priatmoko. Foto Solichin/radarcom.id

radarcom.id – Apa yang dilakukan oleh Eko Priatmoko patut dicontoh. Meskipun berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan memiliki gaji tetap, namun Eko Priatmoko tidak malu menyambi jadi petani alias bercocok tanam.

Dengan memanfaatkan lahan seluas 5.000 m2 pria yang kesehariannya bertugas dibagian Protokol Pemkab Pringsewu ini menanam berbagai jenis sayuran. Eko memanfaatkan waktu liburnya untuk menanam terong, gambas dan pare di lahannya yang berlokasi di Pekon Pandansari Selatan Kecamatan Sukoharjo.

Bacaan Lainnya
banner 728x250

“Menjadi petani sayur sudah saya tekuni dari tahun 2018 berkat ilmu dari orangtua yang seorang petani. Alhamdulillah sangat membantu perekonomian keluarga apalagi situasi Pandemi Covid-19 ini. Bertani sayuran memiliki kelebihan yaitu perawatanya gampang dan nilai jualnya lumayan bagus,” ujarnya saat diwawancarai radarcom.id, Selasa (16/2).

Meskipun memiliki kesibukan sebagai ASN, namun itu tidak menghalangi niatnya untuk bertani. Dirinya memanfaatkan waktu libur dan pulang kerja untuk bertani.

“Meski bertani, namun tugas sebagai ASN tetap utama, karena itu adalah amanah yang diberi masyarakat, dan bertani hanyalah kesibukan diluar tugas jabatan,” terangnya.

Dia mengaku telah mempunyai pelanggan tetap pengepul untuk pemasaran terong tersebut ke pasar tradisional yang ada di wilayah Pringsewu.

“Sayuran jenis terong bisa dipanen 50 kali, setiap seminggu hasil panen bisa mencapai 5 kwintal kalau dijual Rp. 2,5 juta persatu kali panen,” paparnya.

Dari pengakuan Eko, jelas hasilnya cukup lumayan sebagai petani sayuran. Jika rata-rata perpanen setiap minggu Rp 2,5 juta, Eko diperkirakan meraup puluhan juta setiap bulannya dari penjualan sayurannya. Dirinya mengajak masyarakat masyarakat memanfaatkan sedikit lahannya untuk menanam hortikultura untuk menambah penghasilan.(hin/rci)

banner 728x250

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *