Rasa Aman Menentukan Keberhasilan Pembangunan Ekonomi

  • Whatsapp

Oleh : Apriyan Sucipto, SH, MH
Pemerhati Sosial

Dalam melaksanakan beberapa inovasi program kerja didaerah yang menunjang pembangunan ekonomi, tentu diperlukan stabilitas keamanan yang terintegrasi. Keamanan yang stabil, sangat berperan menjaga iklim investasi.

Bacaan Lainnya

Teori dan Konsep konsep ekonomi pembangunan, tidak akan berjalan baik tanpa ditunjang oleh keamanan, pekerjaan rumah terbesar kita sekarang, yakni Bagaimana menciptakan Keamanan yang stabil.

Hasil penelitian program dan kegiatan pemerintah daerah yang terindikasi berpengaruh terhadap realisasi investasi adalah pembentukan lembaga khusus yang menangani investasi, pembentukan sistem pelayanan terpadu, pembentukan unit pelayanan pengaduan masyarakat, pemberian insentif, kerja sama antar wilayah, ketersediaan sarana dan prasarana wilayah untuk kegiatan investasi, promosi, temu bisnis. ( PTSP / Pelayanan Terpadu Satu Pintu).

Pada intinya, penelitian ini menunjukkan bahwa investor cenderung berinvestasi di daerah yang secara historis sudah berkembang menjadi klaster, Daerah yang terbentuk Kelompok dengan pembagian fungsinya secara integrasi, guna menunjang tujuan ekonomi tertentu.

Hal ini sesuai dengan teori lokasi bahwa industri akan mendapatkan keuntungan aglomerasi jika berlokasi saling berdekatan. Kebijakan dan program pemerintah daerah yang mendukung iklim investasi penting untuk percepatan realisasi investasi. Tentunya, sangat dipengaruhi oleh faktor Keamanan yang baik.

Rasa Aman merupakan Tugas Besar Kita semua, Negara dan Masyarakat serta Tokoh Adat dan Ulama bersama sama berperan aktif dan bersinergi menjaga keamanan, ini merupakan faktor penting guna menunjang Pembangunan Ekonomi yang berkelanjutan dan berkeadilan. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *