Qries

Patut Dicontoh, Kepedulian Polisi Asal Lampung Ini Perbaiki Jalan Rusak dengan Cangkul dan Sabes

Aksi Ipda Larwono perbaiki jalan dan sosok sederhana sebagai petani disela bertugas sebagai anggota polri. Foto-foto Istimewa
Aksi Ipda Larwono perbaiki jalan dan sosok sederhana sebagai petani disela bertugas sebagai anggota polri. Foto-foto Istimewa

radarcom.id – Larwono Mustaji Sasongko, seorang polisi berpangkat Ipda yang bertugas di Polres Lampung Tengah, Polda Lampung ini sosok polisi yang patut dicontoh. Ia tinggal di Desa Kedaton II, Batanghari Nuban, Lampung Timur.

Sehari-hari dalam tugasnya melintasi jalanan yang bervariasi dari yang bagus hingga jalanan yang berlubang perlu kesabaran dalam menjalaninya. Hal itulah yang menggerakkan hatinya untuk mencarikan solusi.

Informasi yang dihimpun radarcom.id, pria berumur 58 tahun itu pun tak sungkan mengambil cangkul dan menimbun jalan rusak. Dia bahkan rela membuka baju berpeluh keringat demi membuat jalan menjadi mudah dilintasi.

 

Larwono kerap terlihat dipinggir jalan dengan cangkulnya ketika ada sela waktu tidak berdinas. Selain mencoba mengambil tanah untuk menguruk jalan yang berlobang, kadang ia membawa batu sabes satu atau dua bak didalam mobil Panther miliknya untuk menimbun jalan berlubang yang ia temui.

“Ya sebisanya saja, cukup sekitar 15 menit samapi 30 menit paling lama satu jam, jika ada waktu (tidak mengganggu dinas, Red) dan kesempatan saya coba pinggirkan mobil dan memperbaiki jalan,” tuturnya yang masih mengenakan kaos olahraga Polda Lampung.

Larwono juga bersyukur kadang ada yang membantu, bahkan pernah ada yang memberi bantuan truk yang memuat sabes dan tanah untuk menimbun di jalan yang berlubang.

“Kita tidak bisa terus menerus berharap pemerintah memperbaiki, apa yang bisa kita lakukan, ya tinggal bergerak saja, toh yang memakai jalan juga kita kan,” kata Larwono.

 

Diapresiasi Warga dan Rekan

Langkah polisi yang dikenal sederhana ini pun diapresiasi warga dan rekan-rekannya sesame polisi. Larwono yang juga seorang petani padi dan singkong ini menjadi sosok teladan bukan hanya bagi kesatuannya di kepolisian, namun juga bagi masyarakat.

Supri salah seorang warga Kedaton, Batanghari Nuban, mendukung langkah Larwono.

“Pak Larwono tidak sungkan untuk keluar dari mobil lalu ambil cangkul terus memperbaiki jalan yang berlubang,” ujarnya.

Beberapa orang warga kadang membantunya dalam melakukan pekerjaan itu. Termasuk rekan polisi lain yang ikut membantu dan memfoto kegiatannya tanpa memberi tahu.

“Saya sering melihat senior saya dipinggir jalan memperbaiki jalan,” tutur Singgih anggota polisi lainnya di Polres Lampung Tengah. “Bangga bisa mengenal beliau yang peduli dan semangat dalam memperbaiki jalan berlubang, salut banget,” ujarnya.

Senada dengan hal itu, Hasbi yang bertugas di Polda Lampung juga mengatakan hal yang sama, “Iya, sering ketemu di jalan, Bapaknya suka memperbaiki jalan. Jadi ikut terpacu dan pengen berbuat sesuatu,” ujarnya. (rci/rci)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.