Dikawal Ketat, Vaksin Covid-19 Dikirim ke 13 Puskesmas dan 4 RS Rujukan di Pringsewu

  • Whatsapp

radarcom.id – Vaksin Covid-19 hari ini didistribusikan ke masing-masing puskesmas dan rumah sakit rujukan di Kabupaten Pringsewu, diangkut dari Gedung Instalasi Farmasi Kabupaten (IFK) dan mendapat pengawalan ketat polisi bersenjata lengkap dari aparat Polres Pringsewu, Jumat (29/1/2021).

Dalam pelaksanaannya Polres Pringsewu menerjunkan sejumlah tim untuk mengawal dan mengamankan proses pendistribusian tersebut.

Bacaan Lainnya

Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri, SIK yang disampaikan oleh Kabag Ops AKP Martono, SH. MH menyampaikan dalam pendistribusian ini dibagi menjadi dua tim pengawalan yang melibatkan, Satlantas, Sat Sabhara, dan tenaga kesehatan.

Pada tahap pertama pendistribusian ini rencananya, kata Kabag Ops, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan ada sekitar 4.200 vial / dosis yang akan dibagikan di 13 Puskesmas dan 4 rumah sakit rujukan.

“Kami kawal betul ini vaksin sampai di tempat tujuan. Bahkan, di tempat penyimpanan nanti tetap akan ada personil Polri yang juga berjaga,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu Dr Ulinnoha menerangkan, distribusi pada tahap pertama ini merupakan klaster tenaga kesehatan dan non kesehatan yang berada di fasilitas kesehatan.

“Pagi ini kita distribusikan 4.200 vaksin Covid-19 yang akan digunakan untuk tenaga kesehatan di 13 puskesmas dan 4 rumah sakit rujukan yang ada di kabupaten Pringsewu,” jelasnya.

Menurut Dr Ulinnoha, rencananya kick off vaksinasi di kabupaten Pringsewu akan dilaksanakan pada Senin 1 Februari 2021 di RSUD Pringsewu dengan sasaran penerima vaksin pertama sebanyak 10 orang yang meliputi pejabat publik dan juga dari tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Meski begitu, pemberian vaksin harus terlebih dahulu dilakukan screening. Salah satunya tidak boleh usia di atas 60 tahun dan memiliki penyakit penyerta (Komorbid), kata Dr Ulinnoha.

Untuk diketahui, Vaksin Covid-19 telah tiba di Kabupaten Pringsewu, kamis, 21 Januari 2021 lalu. Ribuan dosis vaksin tersebut dikawal ketat oleh aparat keamanan dan langsung disimpan di gedung Instalasi Farmasi Kesehatan (IFK).

“Pengiriman pada tahap pertama ini sebanyak 4.200 sosis rencananya akan dibagikan kepada 2.100 sasaran,” pungkasnya. (hin/rci)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *