Wabup Fauzi Harapkan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Melalui Budidaya Perikanan

  • Whatsapp

radarcom.id – Wakil Bupati Pringsewu Dr. H. Fauzi, S.E.,M.Kom., Akt,CA,CMA menghadiri Rapat Kerja dan Sinkronisasi Program dan Kegiatan Dinas Perikanan Kabupaten Pringsewu Tahun Anggaran 2021 dengan para Penyuluh Perikanan KPP dan UPP.

Tampak hadir Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Pringsewu Drs. Maskur,M.M., Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pringsewu Debi Hardian S.Pi., dan para tamu undangan yang hadir dari UPP Kecamatan.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Pringsewu, Kamis (21/01/2021).

Wakil Bupati Pringsewu dalam sambutannya mengatakan bahwa di tengah segala keterbatasan akibat pandemi COVID-19, kebutuhan pangan masyarakat tetap harus dipenuhi.

Untuk itu, Wabup mendorong para penyuluh perikanan untuk mengajak masyarakat berbudidaya ikan serta tetap semangat dalam merawat dan membudidayakan berbagai macam jenis ikan yang ada di Kabupaten Pringsewu.

“Penyuluh sebagai ASN mendapat tugas dari negara agar ketahanan pangan kita, terutama dari pemenuhan kebutuhan protein masyarakat ini bisa tercapai,” ujarnya.

Namun agar usaha budidaya masyarakat berjalan baik, Wabup mengingatkan agar para penyuluh memberikan informasi yang lengkap kepada masyarakat. Beberapa diantaranya ialah sebagai berikut;

Pertama, pembentukan tambak. Sebelum memulai produksi, desain tambak harus disiapkan dengan baik.

Kedua, pakan. Pakan merupakan komponen yang menyedot 60-70% dari budidaya perikanan.

Ketiga, unsur pengganggu seperti hama dan penyakit. Ia mengingatkan agar masyarakat diberikan pengetahuan untuk mencegah dan mengatasi penyakit ikan.

Keempat, obat dan vaksin. Berkaitan dengan poin sebelumnya, masyarakat harus diberikan informasi tentang berbagai jenis obat dan vaksin yang tersedia jika usaha budidayanya digerogoti oleh penyakit.

Kelima, proses produksi. Para penyuluh harus memperkaya masyarakat dengan berbagai ilmu dan teknik dalam masa produksi.

Keenam, pasca panen. Pengolahan pasca panen harus direncanakan dengan baik. Tujuan pemasaran pun harus direncanakan dengan baik agar hasil produksi budidaya terserap.

Wabup juga memberitahukan bahwa jejaring pemasaran bisa juga dibantu melalui siaran radio LPPL Rapemda Pringsewu.

Menutup sambutannya, Wabup berharap agar budidaya perikanan ini tak hanya bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan pangan, namun juga menumbuhkan kegiatan ekonomi masyarakat di tengah pandemi COVID-19. (hin/rci)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *