4.200 Dosis Vaksin Covid-19 untuk 2.100 Nakes di Pringsewu

  • Whatsapp

radarcom.id – Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mengirimkan Dosis Vaksin covid-19 untuk Dinas Kesehatan Pringsewu sebanyak 4.200 untuk total 2.100 tenaga kesehatan (Nakes) Pringsewu, Kamis (21/1/2021).

Kepala UPTD Instalasi Farmasi dan Kalibrasi Alat Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Aries Aviantono mengatakan bahwa hari ini Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mengirimkan Dosis Vaksin ke 3 Kabupaten yakni Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus.

Bacaan Lainnya

“Untuk rincian dosis Vaksin Covid-19 Kabupaten Pringsewu paling banyak 4.200 dengan total Tenaga Kesehatan 2.100 Kabupaten Pringsewu,” katanya.

Lanjutnya, dosis Vaksin Covid-19 ini masih tahap pertama dan di prioritas untuk tenaga kesehatan. Kemudian akan datang lagi untuk tahap kedua dan seterusnya.

“Tahap pertama Dosis Vaksin 4.200 ini, sudah ditentukan oleh Kementrian kesehatan,” tuturnya.

Sementara Bupati Pringsewu H. Sujadi menyampaikan bahwa tenaga kesehatan yang akan menjadi garda terdepan dalam Pelaksanaan Dosis Vaksin-19.

“Untuk jadwal pelaksanaan Dosis Vaksin Covid-19 ini akan dibuatkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu dan pelaksnakan ada beberapa aturan yang perlu di perhatikan seperti usianya,” tuturnya.

Tambah Kabid P2A Dinas kesehatan Pringsewu dr Hadi yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan Pringsewu dr. Ulinoha menyampaikan dosis Vaksin Covid-19 bersamaan dengan penerpaan displin memakai Masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan (3M) dan penguatan traving, Testing, treatment (3T) ini merupakan upaya dalam menekan penyebaran covid-19 secara efektif.

“Adapun tujuan dosis Vaksin Covid-19 untuk membentukan kekebalan kelompok, menurunkan kesakitan dan kematian akibat covid-19, melindungi dan memperkuat system’ kesehatan secara menyeluruh, serta menjaga produktifitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi,” kata dr. Hadi.

Menurut dr. Hadi untuk pelaksanannya menunggu Pemerintah pusat juga provinsi secara perencaan pada Minggu pertama bulan februari untuk tahap pertama.

Kemudian untuk masyarakat yang bisa di vaksin yaitu umur 18 sampai 60 tahun, Dosis Vaksin Covid-19 ini ada 105 box dan satu box berisi 40. dimana untuk satu orang di lakukan satu kali suntik.

Sementara untuk pelayanan Vaksin Covid-19 dilaksanakan di fasilitas pelayanan kesehatan baik pemerintah maupun swasta.

“Ada 13 puskesmas Kabupaten Pringsewu dimana Rumah Sakit Umum Daerah dan 3 rumah Sakit Umum Swasta yang disiapkan untuk memberikan pelayanan Vaksin,” jelasnya.

Sedangkan Dinas Kesehatan Pringsewu telah mengikuti pelatihan sebanyak 70 orang masing-masing Puskesmas terdiri 5 orang (dokter, perawat, bidan). Kemudian 4 rumah sakit yakni RSUD Pringsewu, Rumah Sakit Mitra Husada, Rumah Sakit Wisma Rini dan Rumah Sakit Surya Asih akan dilatih kembali.

Ada 4 meja untuk alur pelayanan vaksin covid-19 di pos vaksinasi, kata dr Hadi, yaitu Meja pendaftaran, meja skrining, meja vaksinasi, meja pencatatan dan observersi.

“Untuk kick off pelaksanaan vaksinasi perdana Kabupaten Pringsewu direncanakan kepada 10 sasaran yang memenuhi syarat dan sehat sesuai arahan Kementrian Dalam Negeri,” pungkasnya. (hin/rci)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *